Area Pasar Basah Mandonga Kendari jadi Langganan Macet Jelang Berbuka Puasa

Nadwa Rifada, telisik indonesia
Kamis, 07 April 2022
0 dilihat
Area Pasar Basah Mandonga Kendari jadi Langganan Macet Jelang Berbuka Puasa
Kendaraan berhenti karena kemacetan yang terjadi di jalan kecil menuju pasar basah Mandonga, Kendari. Foto : Nadwa Rifada/Telisik

" Pasar basah Mandonga Kota Kendari adalah salah satu dari banyaknya pasar yang ramai dikunjungi masyarakat. Berbagai bahan pokok makanan, perabotan rumah tangga dan jajanan dijajalkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasar basah Mandonga Kota Kendari adalah salah satu dari banyaknya pasar yang ramai dikunjungi masyarakat. Berbagai bahan pokok makanan, perabotan rumah tangga dan jajanan dijajalkan.

Karena ramainya pengunjung yang berdatangan, ditambah dengan masyarakat yang ingin membeli takjil, menyebabkan jalan utama menuju pasar basah Mandonga Kota Kendari mengalami macet jelang berbuka puasa.

Padatnya kendaraan yang keluar masuk membuat tukang parkir, yang sering membantu mengatur lajunya kendaraan yang tidak beraturan di jalan kecil menuju pasar basah Mandonga merasa kewalahan.

Banyaknya kendaraan mobil dan motor yang diparkir, serta beberapa pedagang yang berjaualan di tepi jalan semakin menambah kemacetan kendaraan yang berlalu-lalang.

Yudha, salah satu pedagang dompet mengemukakan, menjelang berbuka puasa, kendaraan depan pasar basah Mandonga pasti macet. Bahkan ada beberapa kendaraan motor sampai tidak bisa keluar jalan.

"Kalau di sini jalanan biasa-biasa, Hanya menjelang sore kendaraan macet. Penyebanya ya karena pedagang juga banyak jualan di pinggir jalan," jelasnya, Kamis (7/4/2022).

Menurut penjelasan Yudha yang sudah beberapa tehun berdagang di sana, para pedagang diperbolehkan berjualan di tepi jala namun harus tetap mematuhi tata tertib. Penanggung jawab para pedagang juga ada jadi setiap bulan menyetor dan akan bertanggung jawab jika ada kekacauan.

Baca Juga: Polresta Kendari Sasar Pelajar Daftar Polisi

"Jalanan ramai sudah seperti begitu kalau puasa. Mau pergi atau pulang tarawih orang tambah ramai. Kemarin dulu pedagang bagian depan sana di datangi Satpol PP di suruh bersih-bersih," ungkap Hatika.

Dari penuturannya, beberapa kali Satpol PP datang untuk menertibkan gerai para pedagang. Sebagian pedagang dihimbau agar berhenti berjualan. Sebagian mereka mematuhi namun kemudian kembali melanggar dan ini sering terjadi. Penertiban ini dilakukan agar macet tidak lagi terjadi dan jalan sepanjang pasar bisa kembali tertib dan bersih.

Baca Juga: Lampaui Target, Nilai Investasi Sultra Capai Rp 27 Triliun

"Jalan di pasar ini memang sempit, apalagi mobil angkot sering kasih macet jalan di sini," jelas juru parkir yang sering membantu alur kendaraan, Wahyu.

Menurutnya, Satpol PP sudah menjalankan tugas mereka dengan sering datang menertibkan beberapa pedagang yang menghalangi jalur kendaraan.

Walaupun arus satu arah sudah lama diberlakukan bagi kendaraan beroda empat. Namun macet yang sering terjadi di jalan kecil pasar basah Mandonga menjelang buka puasa tidak dapat dihentikan, penyebabnya tidak lain adalah banyaknya kendaraan yang diparkir di bahu jalan serta kendaraan angkot yang kadang berhenti di tengah-tengah jalan. (C)

Reporter: Nadwa Rifada

Editor: Kardin

Baca Juga