Atasi Blank Spot di Muna Barat, Camat Kades dan Lurah Dilengkapi Handy Talky

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 18 April 2023
0 dilihat
Atasi Blank Spot di Muna Barat, Camat Kades dan Lurah Dilengkapi Handy Talky
Penyerahan Handy Talky kepada seluruh camat, lurah, dan kepala desa yang ada di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemerintah daerah mendistribusikan Handy Talky (HT) ke seluruh camat dan kepala desa atau lurah, guna mempercepat koordinasi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Beberapa lokasi di Muna Barat masih blank spot, menjadikan lambatnya penerimaan informasi bagi kepala wilayah baik di darat maupun di pulau.

Untuk diketahui, blank spot ialah kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh sinyal komunikasi, baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet.

Sehingga, pemerintah daerah mendistribusikan Handy Talky (HT) ke seluruh camat dan kepala desa atau lurah, guna mempercepat koordinasi penyampaian informasi.

Alat komunikasi berjenis Weierwei VEV3288D VHF yang berguna mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio itu diserahkan oleh Pj Bupati Muna Barat.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, ini sebagai langkah untuk mengatasi blank spot di berbagai wilayah Muna Barat dengan jangka pendek.

Baca Juga: 6 Desa di Kolaka Utara Terisolir

Mengingat di Muna Barat terbagi atas wilayah darat, pesisir, dan pulau, di mana terdiri dari 30 pulau dan beberapa pulau kecil yang masuk dalam area blank spot.

Untuk jangka panjangnya, pemda telah bermohon ke beberapa provider telekomunikasi untuk membuat tower Base Transceiver Station (BTS) di daerah blank spot.

“Sambil menunggu pembangunan tower BTS itu, maka kita gunakan jalur komunikasinya adalah HT,” ungkap Bahri, Selasa (18/4/2023).

Bahri katakan, HT ini juga diberikan untuk memastikan semua kepala wilayah berada di tempat, sebab tugas kepala wilayah ialah menyelenggarakan pelayanan publik serta penyelenggaraan pembangunan kemasyarakatan.

"Kita adakan apel udara tiap pukul 21.00 untuk mengecek kondisi setiap wilayah," pungkasnya.

Dengan HT ini juga diharapkan tiap kepala wilayah saling terkoneksi dan bersinergi terutama dalam penyampaian informasi, agar dapat ditangani dan ditindaklanjuti dengan cepat.

Baca Juga: Jamin Ketersediaan Pangan, Pemkab Muna Barat Gandeng Bulog

Sementara itu, Lurah Wamelai, Ali Ode Pua mengatakan, dengan pengadaan HT ini sangat tepat di saat kondisi Muna Barat yang darurat akan jaringan di beberapa wilayah tertentu.

"Dengan begini koordinasi antar lurah, camat, dan kepala desa akan mudah, terlebih ketika ada suatu kejadian yang bersifat urgent," ungkap Ali Ode.

Untuk itu, ia sebagai salah satu kepala wilayah di Muna Barat berterima kasih kepada pemerintah daerah atas kemudahan untuk berkomunikasi secara virtual antar sesama kepala wilayah. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga