Jamin Ketersediaan Pangan, Pemkab Muna Barat Gandeng Bulog

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 13 April 2023
0 dilihat
Jamin Ketersediaan Pangan, Pemkab Muna Barat Gandeng Bulog
Kabupaten Muna Barat taken MoU dengan Perum Bulog Kanwil Sulawesi Tenggara dalam penyediaan stok pangan. Foto: Ist.

" Untuk menjamin stok pangan, Pemerintah Kabupaten Muna Barat melakukan kerja sama dengan Bulog, Kabupaten Konawe dan Sidenreng Rappang "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Untuk menjamin stok pangan, Pemerintah Kabupaten Muna Barat melakukan kerja sama dengan beberapa daerah di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Bukan hanya itu, kerja sama juga dilakukan dengan Bulog.

Sesuai dengan Instruksi Presiden RI dalam menekan inflasi, kepala daerah harus melakukan enam langkah strategis, salah satunya menjalin kerja sama antar daerah.

Kabupaten Muna Barat telah menjalin kerja sama dengan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, tujuan kerja sama dengan Perum Bulog Kanwil Sulawesi Tenggara untuk menjamin ketersediaan stok pangan bagi masyarakat di wilayahnya.

Kerja sama yang dilakukan antar dua pihak ini untuk penyediaan bahan pangan selama satu tahun.

Baca Juga: Tiga Kecamatan di Muna Barat Tunggu 81 Ton Beras Asal Konawe

"Penyediaan bahan pangan yang disepakati berupa beras, gula pasir, terigu, minyak goreng, dan komiditi lainnya," ungkap Bahri, Kamis (13/4/2023).

Selain menjamin ketersediaan stok komoditi pangan, ini juga langkah dalam menjaga daya beli masyarakat di tengah inflasi daerah, terlebih saat ini menghadapi momen bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Kanwil Sulawesi Tenggara, Sitti Mardianti mengatakan, komoditi-komoditi yang dikelola oleh Bulog yaitu beras, minyak goreng, gula pasir, serta terigu.

"Fungsi Bulog sebagai penyedia distribusi agar dapat terlaksana dengan baik termasuk stabilitasi harga," ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam kerja sama yang dilakukan memakai jalur komersil namun komoditi tersebut tidak di atas harga. Pihaknya juga bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas harga, sehingga masyarakat mendapatkan komoditi yang dibutuhkan dengan harga yang telah diatur pemerintah.

Baca Juga: Rp 2,2 Miliar Dana Hibah Rumah Ibadah di Muna Barat

Pihaknya juga akan menyiapkan komoditi-komoditi yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek fungsi stabilitas harga yang terkendali dengan baik.

Kerja sama antara Kabupaten Muna Barat dan Perum Bulog Kanwil Sulawesi Tenggara ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh kabupaten di Sulawesi Tenggara.

"Semoga nanti diikuti oleh wilayah lainnya," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga