Lantik Pengurus IGTKI, Bupati Kolaka Timur Beri Pesan Mendalam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
Lantik Pengurus IGTKI, Bupati Kolaka Timur Beri Pesan Mendalam
PJ Bupati Koltim, Ir H Sulwan Aboenawas usai melantik pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak. Foto: Ist.

" Untuk memajukan daerah, diperlukan pendidkan yang bermutu. Sedangkan pendidikan yang bermutu membutuhkan guru atau tenaga pendidik yang profesional "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas M.Si, melantik pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTK-PGRI) Koltim masa bakti 2022-2027, Selasa (31/5/2022).

Pelantikan dengan mengangkat tema memperkokoh persatuan dan kesatuan guru taman kanak-kanak dalam wadah IGTKI-PGRI yang bersinergi, bermartabat dalam mewujudkan merdeka belajar PAUD berkualitas ini, berlangsung di Aula Pemda Koltim yang juga dihadiri Ketua TP PKK Koltim dan Ketua IGTKI Sultra.

Atas pelantikan ini, bupati berharap pengurus yang baru dilantik dapat melakukan berbagai langkah nyata di tengah masyarakat, dan berbuat secara maksimal, demi terwujudnya kemajuan pendidikan untuk generasi penerus pembangunan di masa sekarang dan yang akan datang.

Sulwan mengatakan, anak-anak merupakan masa depan generasi penerus bangsa, peran guru TK dan PAUD sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam mencetak generasi emas bangsa.

Mengingat bidang pendidikan adalah salah satu pilar pembangunan yang sangat penting khususnya bagi Kabupaten Kolaka Timur di masa yang akan datang.

PJ Bupati Koltim, Ir H Sulwan Aboenawas membawakan sambutan usai melantik pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak. Foto: Ist.

 

Semua harus berpedoman bahwa untuk memajukan daerah, diperlukan pendidkan yang bermutu, sedangkan pendidikan yang bermutu membutuhkan guru atau tenaga pendidik yang profesional.

“Keberadaan IGTKI-PGRI sangat strategis, karena merupakan organisasi profesi guru taman kanak-kanak yang independen, yang dibentuk sebagai sarana pemersatu anggota seprofesi dalam konteks positif untuk menjadi mitra pemerintah dan memperjuangkan kemajuan pendidikan anak usia dini," katanya.

Baca Juga: Pengelolaan Aset Amburadul, Kendaraan Dinas Banyak Dikuasai Mantan Pejabat

Dengan adanya pengurus baru ini, ia berharap kapada seluruh jajaran pengurus agar selalu meningkatkan peran strategis yang selalu siap membangun karakter anak bangsa, dan selalu meningkatkan perannya dalam membina dan sekaligus sebagai suri tauladan yang baik bagi anak-anak didiknya serta mampu menjadi suri tauladan yang baik pula di tengah-tengah masyarakat.

"Sehingga ke depan mampu memberikan inspirasi kepada berbagai pihak tentang pentingnya peran strategis sebagai pendidik, dalam rangka membangun anak bangsa di negara ini, khususnya di Kabupaten Kolaka Timur yang kita cintai ini,” tambah Sulwan.

Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Kolaka Timur masa bakti 2022-2027. Foto: Ist.

 

Pemerintah daerah kata Sulwan,  juga punya tuntutan kepada lembaga kependidikan taman kanak-kanak, agar selalu meningkatkan kompotensi, dan kualitas kerja pada prosesnya.

"Anak-anak saat ini ke depannya akan menghadapi dampak globalisasi yang lebih kompleks. dengan ini saya berpesan kepada suluruh pengurus untuk lebih fokus lagi dalam membentuk karakter anak, apalagi di mana digital seperti sekarang ini yang tidak dapat dibendung," tambahnya.

Maka dari itu, seorang tenaga pendidik harus dapat memberikan edukasi dan pembelajaran sejak dini. Di samping itu, para guru TK agar dapat menjadi guru yang menyenangkan bagi anak-anak didiknya.

Baca Juga: Akhiri Tugas, Ketua MUI Manggarai: Islam Harus Tampil di Tengah Kerukunan

"Jadilah guru yang kreatif, inovatif dan berkarakter, terus melahirkan karya-karya terbaik dalam memberikan sumbangan pemikiran yang berguna demi kemajuan pendidikan anak-anak kearah yang lebih baik," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga