Banyak Wilayah Tak Tersentuh Penyapu Jalan, DLHK Kendari Akan Tambah Personel

Aris Mantobua, telisik indonesia
Senin, 04 April 2022
0 dilihat
Banyak Wilayah Tak Tersentuh Penyapu Jalan, DLHK Kendari Akan Tambah Personel
Seorang petugas kebersihan yang sedang membersihkan Jalan Sorumba. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Inisiatif itu dilatarbelakangi oleh banyaknya ruas jalan yang belum tersetuh oleh petugas kebersihan jalan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) akan mengusulkan penambahan jumlah petugas pembersih jalan.

Inisiatif itu dilatarbelakangi oleh banyaknya ruas jalan yang belum tersetuh oleh petugas kebersihan jalan.

Kepala Bidang Kebersihan, Prayitno Riyadi mengungkapkan, petugas kebersihan jalan selama ini hanya penyapu di jalan poros atau jalan utama saja, sehingga selain jalan utama tersebut, tidak tersentuh oleh petugas kebersihan.

“Upaya kita dalam mewujudkan lingkungan yang bersih di Kota Kendari akan terus kita lakukan, mengingat pertumbuhan jumlah penduduk semakin lama semakin tinggi. Jadi kita bakal upayakan bukan hanya di jalan poros melainkan tempat-tempat yang belum tersentuh oleh petugas kebersihan jalan," terangnya, Senin (4/4/2022).

Prayitno menambahkan, penyapu jalan sangat dibutuhkan karena dengan adanya mereka maka setiap ruas-ruas jalan utama akan selalu bersih tiap paginya. Saat ini jumlah personel penyapu jalan yang ada di Kendari sebanyak 177 orang, tersebar di setiap kelurahan.

Baca Juga: DPRD Kendari Desak DLHK dan Satpol PP Bentuk Satgas Penanganan Sanksi Sampah

"Kita akan upayakan tambah personel sebanyak 60 orang, jadi ke depannya kita akan lihat jalan yang belum tersetuh oleh petugas akan bersih setiap paginya," tambahnya.

Prayitno menerangkan, ada sebagian ruas jalan yang belum tersentuh oleh petugas kebersihan, di antaranya, Jalan Jembatan Teluk Kendari, Jalan Jembatan Kuning, Jalan Area Bundaran Kantor Gubernur, Jalan Area BTN Kendari Permai dan masih banyak tempat yang lain.

"Kami berharap semoga yang kami usulkan bisa terealisasi secepatnya," lanjutnya.

Salah satu petugas kebersihan jalan, Dian mengatakan, tugasnya setiap pagi membersihkan jalan mulai pukul 5 pagi sampai 8 pagi. Petugas yang berlokasi di wilayah Jalan Sorumba ini menjelaskan, tugasnya membersihkan jalan tidak menentu selesainya.

Baca Juga: Diperkirakan Bakal Overload, DLHK Kendari Siapkan Solusi untuk TPA Puuwatu

"Kadang selesai jam 8, tergantung dari kondisi jalan, banyak sampah atau tidak," tuturnya.

Di tempat yang berbeda, petugas kebersihan di Jalan Sao-Sao, Lisna berharap, dengan adanya penambahan jumlah personel, maka petugas yang sudah lama mengabdi seperti dirinya bisa diangkat menjadi pegawai negeri.

"Kalau tidak jadi PNS, minimal kita dinaikkan gajinya," tutupnya. (A)

Reporter: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga