Baru Tiga Stadion yang Layak Gunakan VAR di BRI Liga 1, Sisanya?

Merdiyanto , telisik indonesia
Senin, 19 Februari 2024
0 dilihat
Baru Tiga Stadion yang Layak Gunakan VAR di BRI Liga 1, Sisanya?
Pelatihan uji coba VAR untuk Liga 1 2023/2024. Foto: Repro Radar Solo

" BRI Liga 1 akan menerapkan Video Assistant Referee (VAR). Namun sejauh ini baru tiga stadion yang BRI Liga 1 yang dinilai layak dalam menerapkannya "

JAKARTA, TELISIK.ID - BRI Liga 1 akan menerapkan Video Assistant Referee (VAR). Namun sejauh ini baru tiga stadion yang BRI Liga 1 yang dinilai layak dalam menerapkannya.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus. Menurutnya, adapun stadion lainnya akan menggunakan mobil VAN.

Tiga stadion tersebut antara lain Stadion Manahan (Solo), Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). Sementara sisanya butuh sentuhan lagi supaya mendukung pemakaian VAR.

Baca Juga: Pordasi Siap Torehkan Prestasi di Sulawesi Tenggara

Dikutip dari Bola.net, stadion yang belum bisa menggunakan VAR, menurut Ferry Paulus, akan direnovasi. Harapannya, masuk musim 2024/2025 mendatang semua stadion sudah bisa menggunakan teknologi VAR.

"Stadion ini memang ada beberapa stadion yang masih belum bisa kita gunakan. Yang benar-benar kita gunakan itu hanya tiga yang baru bisa, sisanya memang masih lagi pada renovasi," kata Ferry Paulus, Sabtu (17/2/2024).

Menurut Ferry Paulus, ada satu stadion yang bisa segera layak untuk menggunakan VAR. Stadion tersebut adalah markas Persib Bandung, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Mungkin akan menyusul GBLA tapi tetap akan ada renovasi. Nah, selebihnya kita mempersiapkan dengan Van," sambung mantan direktur olahraga Persija Jakarta itu.

Meksi begitu, Ferry Paulus memastikan VAR untuk Liga 1 sudah 99 persen. PT LIB hanya tinggal membagi di mana saja VAR akan digunakan.

Baca Juga: Kronologis Bus Real Madrid Kecelakaan Jelang Kontrak RB Leipzig Liga Champions

Untuk tahap awal ini, VAR resmi digunakan saat championship series Liga 1 pada Mei 2024. Pada babak tersebut akan menggunakan format home-away.

"Nah, sekarang kita lagi menunggu di mana yang kita mau lakukan. Sekarang kita lagi menunggu di mana yang kita mau lakukan yang official championship series," terang Ferry Paulus, dilansir dari Suara.com, jaringan Telisik.id.

Katakanlah misalnya Indomilk Arena sudah jadi, pasti akan kita permanenkan. Kalau kita kick-off di Agustus, ya, nanti bisa, begitu juga yang stadion-stadion yang lain," pungkasnya. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga