Bawaslu Muna Barat Periksa Oknum Diduga Langgar Netralitas ASN

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 27 Januari 2024
0 dilihat
Bawaslu Muna Barat Periksa Oknum Diduga Langgar Netralitas ASN
Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, pemeriksaan oknum ASN yang diduga melanggar netralitas ASN menunggu hasil kajian. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Bawaslu Muna Barat telah memeriksa oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga melanggar netralitas menjelang pemilu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan salah seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN), Bawaslu Muna Barat telah memeriksa dan hasilnya akan dilihat pekan depan.

Dugaan pelanggaran netralitas oknum ASN Muna Barat itu berawal dari postingan Facebook milik Saryul Izatu yang memakai baju kaos berwarna biru dengan tulisan 2024 bersama Gemoy Indonesia akan maju.

Atas dugaan pelanggaran tersebut, Ketua Bawaslu, Awaluddin Usa, mengaku telah memanggil dan telah mengambil keterangan oknum ASN tersebut.

"Jumat 26 Januari 2024 telah dilakukan pemeriksaan, dan pemilik akun itu kooperatif memenuhi panggilan," ujarnya, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga: Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak di Pilpres 2024, Dulu Bilang akan Netral

Selanjutnya, dari keterangan yang bersangkutan, pihaknya akan melakukan penyusunan kajian. Pasalnya pelanggaran ini mengarah ke perundang-undangan lainnya.

Jika terbukti melakukan pelanggaran, pihaknya akan meneruskan ke KASN untuk ditindaklanjuti serta ia juga pastikan kajian tersebut akan tuntas pada pekan depan.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat: ASN Harus Netral, Masyarakat Harus Kompak

"Oknum ASN tersebut juga mengaku bahwa akun Facebook itu miliknya," pungkasnya.

Sebelumnya, salah satu anggota panwascam juga telah mengingatkan terkait netralitas ASN, yang mana seharusnya para ASN menanamkan sikap netral menjelang pemilu, apalagi para ASN telah menandatangani pakta integritas, sebagai wujud komitmen ASN dalam menjaga netralitas.

"Dengan kasus ini semoga menjadi pelajaran penting bagi ASN di Muna Barat untuk menjaga sikap netralitas," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga