Beberapa Sektor Ini Jadi Potensi Unggulan SDA Sultra

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
0 dilihat
Beberapa Sektor Ini Jadi Potensi Unggulan SDA Sultra
Proses penandatanganan perjanjian kerjasama daerah dan daerah (KSDD) serta kerjasama daerah dengan pihak ketiga (KSDPK) disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Kerjasama daerah adalah untuk memperbaiki serta mendorong percepatan peningkatan daya saing daerah "

KENDARI, TELISIK.ID - Sektor pertanian, kelautan dan perikanan maupun pariwisata menjadi potensi unggulan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, saat menghadiri penandatanganan perjanjian kerjasama daerah dan daerah (KSDD) serta kerjasama daerah dengan pihak ketiga (KSDPK), Selasa (22/2/2022).

Lukman mengatakan, dalam upaya peningkatan perekonomian daerah dan pengembangan potensi perekonomian daerah, kerjasama sangat penting dan strategis bagi pemerintah dan masyarakat Sultra.

Terutama kata dia, untuk membangun kekuatan ekonomi yang berbasis potensi sumber daya lokal.

"Demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat," katanya.

Lanjut, kerjasama itu juga merupakan upaya transformasi ekonomi, yang diharapkan memberikan penguatan-penguatan bagi pengembangan perekonomian masyarakat yang ada di pedesaan.

Tempat sama, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, kerjasama daerah adalah untuk memperbaiki serta mendorong percepatan peningkatan daya saing daerah.

Baca Juga: Rektor UHO Kendari Lantik 19 Pejabat Fungsional

Dengan memanfaatkan sumber-sumber daya lokal secara sinergi serta keterlibatan antar pelaku.

"Baik sektor pemerintahan maupun sektor swasta," ucapnya.

Sementara itu Project Direktur, National Support for Local Investment Climates (NSLIC)/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED) Peter F Wanton, turut hadir dalam penandatanganan kerjasama tersebut.

Peter mengatakan, fengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama Antara Daerah dengan Daerah, Daerah dengan Pihak Ketiga dan antara Swasta dengan Swasta diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi paska pandemi COVID-19.

Baca Juga: Program Kerja IDI Kota Kendari Fokus Pada Kesehatan Masyarakat

Serta kata dia, dapat membuka kesempatan kerja bagi masyarakat miskin baik laki-laki maupun perempuan dan meningkatkan konektivitas, serta kemitraan antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing daerah.

"Melalui penguatan ekonomi lokal dan peningkatan investasi di Provinsi Sulawesi Tenggara, khususnya di  Kabupaten/Kota," ujarnya.

Lanjut ia berharap, kerjasama dapat dilaksanakan secara profesional dan dengan itikad yang baik.

"Saya juga berharap tim koordinasi dapat memantau dan mengevaluasi efektivitas dari kerjasama tersebut," ungkapnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga