Begini Cara Ampuh Membuat Efek Daun Talas Kaca Mobil

Tim Telisik, telisik indonesia
Kamis, 19 Januari 2023
0 dilihat
Begini Cara Ampuh Membuat Efek Daun Talas Kaca Mobil
Coating pada kaca mobil tidak hanya memberikan efek daun talas, tapi juga menjaga kaca dari jamur, kotoran, hingga goresan. Foto: Ist.

" Manfaat dari efek daun talas kaca mobil ini akan sangat membantu khususnya saat musim hujan "

EFEK daun talas kaca mobil adalah perawatan yang dilakukan agar air tidak menempel ke permukaan kaca, sehingga jarak pandang berkendara pun tetap dapat terjaga. Oleh karena itu, manfaat dari efek daun talas kaca mobil ini akan sangat membantu khususnya saat musim hujan.  

Sebab, ketika hujan deras, jarak pandang akan terbatas karena tetesan air yang menjatuhi kaca mobil. Dengan adanya efek daun talas pada kaca mobil ini, air tidak akan menempel dan fungsi wiper pun bisa jadi lebih maksimal untuk membersihkan kaca mobil.  

Nah, untuk bisa mendapatkan efek daun talas pada kaca mobil kamu tidak perlu melakukan modifikasi besar-besaran, atau mengeluarkan dana yang tinggi. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan:

Melakukan Coating Kaca Mobil

Kisaran harga: Rp80 ribu - Rp1 juta

Tidak hanya body mobil saja yang bisa di-coating, tapi kaca mobil juga. Begitu seperti dikutip dari http://www.modifikasi.com/showthread.php/582038-Efek-Daun-Talas-di-Kaca-Depan.

Fungsi melakukan coating pada kaca mobil tidak hanya memberikan efek daun talas saja, tapi juga menjaga kaca mobil dari jamur, kotoran, hingga goresan. Untuk perawatan coating kaca mobil, kamu bisa memilih untuk melakukannya sendiri di rumah atau ke bengkel.  

Baca Juga: Garang di Jalanan Apa Saja, Ini Keunggulan Avanza 2022

Coating secara mandiri menggunakan cairan rain repellent tentu saja lebih murah, kamu hanya perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp80 ribuan hingga Rp200 ribuan, tergantung merek cairan rain repellent yang dipilih. Sementara jika ke bengkel, kisaran biaya coating kaca mobil mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 jutaan.  

Buat kamu yang tertarik  untuk coating sendiri menggunakan cairan rain repellent, berikut ini rekomendasi produk terbaiknya:

Glaco Mini Rp36 ribu

Rain X Glass Water Repellent Rp83 ribu

Carlack68 Rp125 ribu

Formula 1 Glass Cleaner Rp175 ribu

Glass Science Rain Clear Rp200 ribu

Rain repellent ada yang memiliki tekstur cair, spray, atau bahkan krim. Cara penggunaannya pun sederhana.

Pertama, pastikan kaca mobil kamu dalam keadaan bersih, tidak ada jamur ataupun kotoran yang menempel. Setelah itu, aplikasikan produk ke kain microfiber jika konsistensinya cair atau krim.  

Tapi ingat, untuk tidak menuangkan langsung produk ke kaca mobil ya. Namun, untuk produk spray bisa langsung disemprotkan ke kaca mobil.

Gunakan kain lap microfiber untuk meratakan produk rain repellent. Direndam selama beberapa menit agar proses coating bekerja dengan baik.

Rutin Perawatan Kaca Mobil

Setelah melakukan coating, jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan agar efek daun talas kaca mobil tetap terjaga.  

Perawatan rutin yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan dengan kain microfiber setiap hari. Selain itu, jika mobil terkena air, misal hujan saat perjalanan, sepulangnya jangan lupa langsung lap kaca mobil agar tetesan air tidak meninggalkan bekas.

Meski terkesan sederhana, efek daun talas pada kaca mobil sangatlah penting untuk dimiliki setiap kendaraan. Alasannya, tentu saja untuk keselamatan pengendara dan penumpang.  

Baca Juga: Toyota Innova Zenix Hybrid Segera Hadir, Ini Bocoran Harganya

Mengingat jika memasuki musim hujan, jarak pandang berkendara akan menjadi terbatas. Jika hanya mengandalkan fungsi wiper saja rasanya kurang efektif untuk membantu menghilangkan tetesan air di kaca mobil yang menghalangi jarak pandang.  Karena itu, efek daun talas pada kaca mobil bisa sangat membantu.

Itu tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan efek daun talas kaca mobil. Jika dirasa efek dari rain repellent sudah mulai hilang, kamu bisa melakukan retouch atau mengulangi proses penggunaan produk secara mandiri di rumah atau membawanya ke bengkel.  

Selain melakukan perawatan, jangan lupa juga untuk melindungi kendaraan kesayanganmu dengan asuransi mobil. Seperti dilansir dari https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi_kendaraan, asuransi mobil bermanfaat untuk melindungi kendaraan roda empat dari berbagai risiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda.

Dengan begitu, kamu tidak perlu panik jika terjadi baret atau kerusakan lainnya pada kaca mobil kamu, karena biaya perbaikannya akan ditanggung perusahaan asuransi. Yuk, cek lifepal.co.id/asuransi/mobi/ untuk lihat rekomendasi polis terbaiknya! (Adv)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga