Besok, 16 Kepala Daerah di Jatim Hasil Pilkada 2020 Dilantik

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 25 Februari 2021
0 dilihat
Besok, 16 Kepala Daerah di Jatim Hasil Pilkada 2020 Dilantik
Sejumlah kepala daerah terpilih saat gladi. Foto: Yudhie/Telisik

" Mantan Mensos ini mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya telah menyiapkan tim kesehatan dari RS Menur, RSUD DR Soetomo dan RS Paru, yang siap untuk melaksanakan pemeriksaan sebelum memasuki area pelantikan. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 16 kepala daerah di Jawa Timur (Jatim) hasil pilkada serentak 2020 lalu, akan dilantik oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa secara hybrid besok, Jumat (26/2/2021).

Pelantikan hybrid ini adalah, yang mengikuti pelantikan secara langsung adalah hanya kepala dan wakil kepala daerah terpilih beserta pasangan. Sedangkan, tamu undangan lainnya bisa mengikuti prosesi acara pelantikan secara virtual dari  daerahnya masing-masing.

“Pelaksanaan pelantikan ini sesuai dengan SE Kemendagri. Kami akan memastikan, pelaksanaan pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Daerah akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat," tegas Khofifah, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Pemerintah Diminta Serius Revisi UU ITE

Mantan Mensos ini mengatakan, dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya telah menyiapkan

tim kesehatan dari RS Menur, RSUD DR Soetomo dan RS Paru, yang siap untuk melaksanakan pemeriksaan sebelum memasuki area pelantikan.

"Jika membawa surat keterangan kesehatan sendiri, maka minimal harus H-1 hasil PCR yang ditunjukkan. Jika melebihi, kami juga telah menyiapkan rapid antigen saat hari H pelantikan," tegas Khofifah.

Lebih lanjut, tambah Khofifah, untuk memastikan tertibnya protokol kesehatan, pihaknya juga melarang masing-masing Kepala dan Wakil Kepala Daerah untuk membawa massa. Sehinggaz dalam pelantikan mendatang, hanya akan dihadiri oleh  Kepala dan Wakil Kepala Daerah terpilih beserta dengan pendamping dan 1 orang keluarga.

Sedangkan untuk di luar Gedung Negara Grahadi, hanya diijinkan untuk 1 orang ajudan kepala daerah dan 1 ajudan wakil kepala daerah.

"Ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan  yang masih berlaku. Terlebih, karena pelantikan dilakukan secara hybrid, masing-masing daerah dapat melihat melalui live streaming, termasuk pihak aparatur masing-masing daerah dapat menyaksikan melalui virtual," tandas wanita yang juga Ketua Umum Muslimat NU ini. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga