Besok, Gubernur Sultra Lantik Bupati Mubar dan Pj Bupati Konsel

Kardin, telisik indonesia
Minggu, 07 Maret 2021
0 dilihat
Besok, Gubernur Sultra Lantik Bupati Mubar dan Pj Bupati Konsel
Pj Bupati Konawe Selatan (Konsel), Andi Tendri Rawe Silondae dan Bupati Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani. Foto: Ist.

" Insya Allah besok pagi, Senin 8 Maret 2021 pukul 10.00 Wita, Gubernur Sultra akan melantik dua pejabat yakni Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Konsel. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sultra, Ali Mazi bakal melantik Pj Bupati Konawe Selatan (Konsel), Andi Tendri Rawe Silondae dan Bupati Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani.

Agenda pelantikan dua pucuk pimpinan kabupaten di Sultra itu, direncanakan digelar pada Senin (8/3/2021) besok di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

Pelantikan Pj Bupati Konsel sendiri sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (SK Mendagri) Nomor 131.74 - 421 Tahun 2021 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Insya Allah besok pagi, Senin 8 Maret 2021 pukul 10.00 Wita, Gubernur Sultra akan melantik dua pejabat yakni Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Konsel," ujar Asisten Ketataprajaan Setda Pemprov Sultra, Basiran, Minggu, (7/3/2021).

Menurut Basiran, pelantikan Pj Bupati Konsel sesuai dengan SK Mendagri Tito Karnavian tersebut untuk mengisi kekosongan Bupati Konsel, setelah Pilkada 9 Desember lalu masih dalam proses sidang sengketa PHP di Mahkamah Kontitusi Republik Indonesia (MK RI).

Baca juga: DLHK Kendari Bakal Olah Sampah Plastik Jadi Paving Block

"Lama masa jabatan sesuai SK adalah satu tahun, atau akan berakhir apabila sudah ada bupati definitif yang dilantik di daerah tersebut," jelasnya.

Selain itu, Ali Mazi juga akan mengambil sumpah dan melantik Bupati Mubar, Achmad Lamani yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Bupati Muna Barat.

Achmad Lamani sebelumnya adalah Wakil Bupati Mubar dan menjadi Plt Bupati, setelah bupati sebelumnya LM Rajiun Tumada mundur dan maju sebagai calon Bupati Muna.

"Jadi besok ada dua yang dilantik oleh Gubernur, yakni Pj Bupati Konsel dan Bupati Muna Barat. Sementara untuk acara pelantikan akan dibatasi jumlah tamu yang hadir, karena masih masa pandemi COVID-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, Andi Tendri Rawe Silondae saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3APPKB) Prov Sultra. Sebelumnya, putri dari mantan Gubernur Sultra, Abdullah Silondae sudah menduduki jabatan eselon II  di Konsel di era Bupati H Imran.

Jabatan yang pernah dijabatnya itu seperti Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil). (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga