BLK Kendari Gelar Pelatihan Metodologi Instruktur Kerja Swasta

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 12 Desember 2020
0 dilihat
BLK Kendari Gelar Pelatihan Metodologi Instruktur Kerja Swasta
Pelatihan metodologi intruktur kerja swasta oleh BLK Kendari. Foto: Ibnu/ Telisik

" Jadi pesertanya itu terdiri instruktur swasta baik itu dari LPK atau instruktur BLK Komunitas, atau instruktur UPTD dan dari BLK Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar pelatihan metodologi instruktur kerja swasta 2020.

Penanggung Jawab Pelatihan Metodologi BLK Kendari, Fira Febrianti mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 6-16 Desember mendatang, sedangkan tanggal 17 dan 18 itu adalah uji kompetensi bagi para peserta.

Lebih lanjut, Fira mengatakan, pada dasarnya kegiatan ini untuk menyiapkan instruktur yang berkompeten khususnya di bidang metodologi.

"Jadi pesertanya itu terdiri instruktur swasta baik itu dari LPK atau instruktur BLK Komunitas, atau instruktur UPTD dan dari BLK Kendari," ungkapnya, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Hari Ini, 48 Pasien COVID-19 di Sultra Dinyatakan Sembuh

Dimana, kata Fira, kurikulumnya dilakukan selama 96 jam pelatihan dan 4 jam pelatihan umum dengan total 100 jam pelatihan.

"Pelatihan metodologi ini tergantung penganggaran, kebetulan jatah BLK Kendari tahun lalu dan tahun ini. Karena pelatihan ini, independen berbeda dengan pelatihan yang dilakukan di BLK Kendari karena pesertanya ini instruktur bukan para pencari kerja," katanya.

Sementara itu, salah satu pemateri dari LPK Fantastik Enghlis Center Kendari, Samsudin Sams menjelaskan, bahwa para peserta belajar tentang komputer dasar, pengenalan K3, komunikasi, proses pembelajaran dan seluruh tahapannya.

"Jadi profesi peserta itu sebagai asisten instruktur itu ada delapan unit kompetensi yang harus dipenuhi melalui pelatihan metodologi ini semua diajarkan," tuturnya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga