Calon Duta Genre Bakal Dilibatkan dalam Program Pencegahan Stunting

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 28 Februari 2023
0 dilihat
Calon Duta Genre Bakal Dilibatkan dalam Program Pencegahan Stunting
50 finalis calon duta genre Sulawesi Tenggara 2023 dalam acara pembukaan pemilihan duta genre. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Stunting menjadi masalah serius di Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, daerah yang punya tingkat stunting hingga 27 persen "

KENDARI, TELISIK.ID - Stunting menjadi masalah serius di Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara, daerah yang punya tingkat stunting hingga 27 persen.

Sebagai lembaga terkait, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara melakukan langkah pencegahan stunting dengan menggandeng program di bawahnya, generasi berencana (genre).

Genre sendiri merupakan program BKKBN dalam memberdayakan anak-anak usia remaja menjadi generasi yang hebat dan berkualitas.

Baca Juga: Kota Kendari Dapat Adipura Pertama Pasca COVID-19

Ketua pelaksana pemilihan duta Genre Sulawesi Tenggara 2023, Andi Astriyanti mengatakan, proses pemilihan duta genre mulai dilakukan mulai 28 Februari-4 Maret 2023. Di Sulawesi Tenggara, ada 50 finalis genre yang berasal dari 10 kabupaten/kota.

Kepala BKKBN Sulawesi Tenggar , Asmar. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Finalis tersebut telah menjalani berbagai proses seleksi ketat untuk mengikuti pemilihan duta genre. Bekerjasama dengan Universitas Halu Oleo (UHO), selama lima hari tersebut, para finalis akan dibekali berbagai ilmu, sepeti pembekalan pemenuhan gizi dan anemia, pembekalan kepribadian, pembekalan public speaking, dan lain-lain.

Baca Juga: Dikmudora Kota Kendari Matangkan Persiapan Ujian Sekolah

Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar berharap, genre nantinya bisa menjadi perpanjangan tangan dan meningkatkan kualitas akses informasi mengenai program pencegahan stunting dari BKKBN ke masyarakat.

Ia menargetkan tingkat stunting dapat dicegah hingga di angka 14 persen hingga 2024. Oleh karenanya, untuk mencapai target tersebut lebih tepat menyasar remaja dan pengantin baru sebagai calon orang tua. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga