CASN Diwarning Waspadai Calo

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 08 Januari 2020
0 dilihat
CASN Diwarning Waspadai Calo
BKD mengimbau peserta tes CASN agar tidak mempercayai penipuan berkedok calo atau makelar yang menjamin akan meluluskan. Foto: R

" Jagan percaya kalau ada yang menjanjikan akan meluluskan. Itu bohong, tidak benar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghadapai semakin dekatnya pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN yang akan berlangsung bulan ini, pelamar diminta agar tidak tergiur bujukan calo. Sebab tes dilaksanakan dengan berbasis komputer yang langsung dikendalikan oleh pusat.

Kepala Pengadaan dan Mutasi BKD Sultra, Kadir, mengimbau 1.905 pelamar yang telah dinyatakan lulus berkas untuk tidak mempercayai iming-iming ada oknum atau pejabat yang bisa menjamin kelulusan CASN.

Baca Juga: Penyandang Distabilitas Boleh Jadi Anggota Badan Ad Hoc

"Jagan percaya kalau ada yang menjanjikan akan meluluskan. Itu bohong, tidak benar," ucapnya, Rabu (8/1/2020).

Dalam tes ini tidak ada sistem makelar yang menjanjikan kelulusan. Kadir juga menjelaskan, apabila ada oknum yang menggaransikan kelululusan baik itu dari pihak BKD, segera laporkan ke pihak berwajib sebab itu adalah  penipuan.

"Segera laporkan ke pihak berwajib, itu penipuan. Termasuk kalau ada petugas dari BKD. Tidak ada yang bisa meluluskan CASN," tegasnya.

Pelaksanaan ujiannya online dan dipantau secara nasional. Masyarakat atau keluarga pelamar yang ingin melihat hasilnya pada saat pelaksanaan tes, pihak BKD menyiapkan satu ruangan publik ksusus yang bisa memantau langsung hasil capaian nilai peserta tes.

Karena itu, para pelamar yang dinyatakan lulus berkas agar betul-betul menyiapkan diri dengan belajar sebaik-baiknya.

Reporter: Mutarfin
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga