Daftar 5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
Daftar 5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia
Univeristas Indonesia punya Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Foto: Repro Bisnis.com

" Di Ranking Asia, UI berada di posisi ke-174. Sedangkan di QS WUR 2024, UI berada di posisi puncak "

KENDARI, TELISIK.ID - Memilih universitas tak hanya dilihat dari gengsinya, namun lihat kualitas jurusan yang hendak Anda pilih di kampus tersebut. Seperti halnya Anda yang bermimpi untuk menjadi dokter, harus mempertimbangkan universitas mana saja yang unggul dalam Fakultas Kedokteran.

Hal ini demi mengejar kualitas pendidikan yang hendak Anda tempuh agar punya kompetensi yang baik. Dilansir dari Palpres.disway.id dan Padangkita.com, berikut daftar 5 PTN dengan fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

1. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)

PTN pertama, ada UI dengan FK terbaik di Indonesia. Di Ranking Asia, UI berada di posisi ke-174. Sedangkan di QS WUR 2024, UI berada di posisi puncak. FK UI ini memiliki 34 departemen, yang mana terdiri 14 departemen preklinik dan 20 departemen klinik.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat kedua sebagai PTN dengan Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Tercatat, Unair berada di posisi ke-246 pada Asia Ranking. Sedangkan di peringkat QS WUR 2024, Unair berada di posisi ke-4 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Deretan Universitas Terbaik di Indonesia Versi Scimago Institutions Ranking 2023, Bisa Daftar SNBT

Hal yang menarik dari FK Unair ini adalah, FK Unair merupakan fakultas tertua yang ada di Unair. Melihat sejarahnya yang begitu panjang, FK Unair sendiri diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tahun 1954. Terdapat 2 program studi (prodi) yang ada di FK Unair, yakni kebidanan dan kedokteran.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM)

Ketiga, ada UGM yang masuk dalam daftar sebagai FK terbaik di Indonesia. Pada Asia Rangking, UGM berada di posisi ke-260. Sedangkan di peringkat QS WUR 2024, UGM berada di posisi ke-2 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

FK UGM memiliki 3 prodi yakni kesehatan, kedokteran, dan keperawatan gizi.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad)

Keempat, ada Unpad sebagai PTN dengan FK terbaik di Indonesia. Pada Asia Rangking, Unpad menduduki posisi ke-353. Sedangkan di peringkat QS WUR 2024, Unpad berada di posisi ke-7 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Baca Juga: Ini 30 Kampus Terbaik di Indonesia, Termasuk UHO?

FK Unpad ini digagas oleh Menteri Kesehatan yakni dr. Lie Kiat Teng pada tahun 1953 di Surabaya. Sekarang, FK Undip memiliki 21 prodi di bidang pendidikan dokter spesialis. Sementara itu, untuk jenjang Strata 1 (S1) FK Unpad memiliki 2 prodi, yakni kedokteran dan kedokteran hewan.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip)

Terakhir, ada Undip sebagai PTN dengan FK terbaik yang ada di Indonesia. Di Asia Rangking, Undip menduduki posisi ke-487. Sedangkan di peringkat QS WUR 2024, Undip berada di posisi ke-8 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

FK Undip didirikan pada tahun 1961. Nah, saat ini FK Undip sudah memiliki 3 departemen, yang mana terdiri dari kedokteran, ilmu gizi, dan ilmu keperawatan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga