Kasek Terancam Dicopot Jika Tak Sediakan Prokes

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 15 Juli 2020
0 dilihat
Kasek Terancam Dicopot Jika Tak Sediakan Prokes
Kadis Dikbud Konawe, Suriyadi saat memberikan pernyataan kepada awak media. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Kalau ada yang kedapatan tak mengindahkan, kita tegur kepala sekolahnya. Sanksi administrasi juga bisa kita berlakukan buat mereka. "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe meminta pihak sekolah tetap menyiapkan peralatan cuci tangan dilengkapi hand sanitizer meski siswa belajar di rumah.

Peralatan standar protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 dinilai sangat penting mencegah penularan virus corona di setiap sekolah. Jika imbauan itu tak diindahkan, maka kepala sekolah yang bersangkutan bakal menerima sanksi tegas dari Pemkab Konawe.

Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi, menegaskan, kewajiban menyiapkan sarana pendukung protokol kesehatan COVID-19, harus menjadi perhatian pihak sekolah.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, SD di Kendari Terindikasi Hadirkan Siswa Saat PLS

"Kalau ada yang kedapatan tak mengindahkan, kita tegur kepala sekolahnya. Sanksi administrasi juga bisa kita berlakukan buat mereka," tegasnya, Rabu (15/07/2020).

Ia menambahkan, teguran bagi kasek yang tidak menyiapkan hand sanitizer bakal diberikan sebanyak tiga kali. Dan dalam dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sebagian porsinya bisa dialihkan untuk penyediaan sarana prasarana itu.

"Sanksi terberat, kita copot Kaseknya, kenapa tidak. Apalagi itu untuk keselamatan bersama dan memang anggarannya juga sudah ada," tutup Suriyadi.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga