Deretan Makanan Ini Jangan Dimasak Gunakan Air Fryer

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Deretan Makanan Ini Jangan Dimasak Gunakan Air Fryer
Keju merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan diolah dengan air fryer. Foto: Repro Kompas.com

" Air fryer merupakan alat masak yang dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan. Namun tidak semua makanan dapat dimasak menggunakan air fryer "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian orang mungkin sudah tak asing lagi dengan air fryer. Air fryer merupakan alat masak modern yang dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan, seperti ayam, kentang, sayuran, dan beragam makanan beku.

Alat ini dianggap memberikan solusi yang lebih sehat untuk mengolah makanan yang digoreng. Menggoreng makanan dengan air fryer hanya membutuhkan sedikit minyak (sekitar 1 sendok makan) atau bahkan tidak sama sekali, tergantung jenis makanannya. 

Namun, tak semua jenis makanan bisa dimasak menggunakan alat ini. Berikut deretan makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer seperti dilansir dari Kompas.com dan Tempo.co:

1. Burger

Beberapa merek air fryer menjanjikan produknya bisa memasak semua bahan makanan apa pun tanpa penurunan kualitas maupun rasa. Namun Anna Vocino, penulis buku masak dan pengembang resep di AS, menganjurkan agar jangan pernah mengolah burger dengan air fryer.

Baca Juga: 5 Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Saat Berbuka Puasa

2. Keju

Keju tidak dianjurkan diolah dengan air fryer. “Air fryer sama sekali bukan deep fryer. Saat Anda membuat sesuatu seperti stik mozzarella dengan deep fryer, kerak luar instan terbentuk,” kata Polak. Hal itu tidak akan terjadi dengan air fryer dan malah membuat keju meleleh dan lengket.

3. Adonan basah

Beberapa ahli mengingatkan bahwa air fryer dan metode deep fried bukanlah hal yang sama, dan beberapa item yang berfungsi dengan baik dalam air fryer tidak cocok untuk deep fried.

"Makanan yang memiliki adonan basah, seperti onion ring adalah contoh utama, kata Kennealy, menjelaskan bahwa menggoreng di air fryer membuat adonan lebih sulit untuk mengeras dan menjadi renyah."

Baca Juga: Ini Deretan Makanan Penurun Darah Tinggi

Dalam kebanyakan kasus, hasilnya adalah gigitan yang tidak memuaskan secara tekstur yang meninggalkan adonan lengket di seluruh air fryer Anda.

4. Daging asap

Daging asap alias bacon tidak bisa dimasak di air fryer karena ukurannya dan ketebalannya. Sedangkan untuk bacon strip yang cenderung tipis dan kecil maka tantangannya adalah membaliknya dengan sempurna tanpa merusak bentuknya.

“Bacon adalah makanan berlemak, dan saat dimasak dengan air fryer, lemaknya bisa menetes ke bawah dan menimbulkan asap atau percikan,” kata Brenda Peralta, pengembang resep di salah satu situs masak di AS. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga