5 Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Saat Berbuka Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
5 Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji Saat Berbuka Puasa
Mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering ketika buka puasa dapat berbahaya bagi kesehatan. Foto: medcom.id

" Saat berbuka puasa baiknya mengonsumsi makanan sehat. Sebab jika konsumsi makanan cepat saji saat berbuka bisa memberikan dampak bahaya "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat berbuka puasa baiknya mengonsumsi makanan sehat. Sebab jika konsumsi makanan cepat saji saat berbuka bisa memberikan dampak bahaya.

Pada umumnya, dikutip dari baliroyalhospital.co.id, makanan cepat saji atau fast food merupakan jenis makanan yang bisa dipersiapkan dan disajikan dalam waktu cepat sehingga dapat segera dikonsumsi.

Jenis makanan ini umumnya populer karena harganya yang relatif mudah, rasanya yang enak, serta praktis mudah dibawa ke mana saja.

Makanan cepat saji ini jika dikonsumsi keseringan maka dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, apalagi dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa.

Baca Juga: 6 Jenis Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Puasa

Melansir yoursay.id dari sehatq.com, berikut beberapa bahaya ketika sering mengonsumsi makanan siap saji sebagai menu buka puasa:

1. Risiko sembelit

Mengonsumsi makanan cepat saji bisa terkena risiko sembelit. Hal ini karena makanan cepat saji sangat minim akan serat yang bisa memicu pencernaan terganggu.

Maka dari itu, mengonsumsi makanan cepat saji tanpa diimbangi dengan nutrisi yang lain bisa memicu risiko lebih tinggi terkena sembelit.

2. Tubuh menjadi mudah lemas dan mengantuk

Risiko yang bisa dirasakan ketika berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan cepat saji adalah tubuh menjadi mudah lemas dan mengantuk. Hal ini disebabkan karena dalam makanan cepat saji terdapat kalori serta gula yang cukup tinggi.

Makin banyak gula yang dikonsumsi lewat makanan cepat saji, maka akan membuatmu mudah mengantuk.

3. Bahaya untuk jantung

Mengonsumsi makanan cepat saji bisa berbahaya untuk jantung. Hal ini karena makanan cepat saji mengandung lemak jenuh dan tran yang bisa bisa berbahaya.

Kedua lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat serta menurunkan kadar kolesterol baik, sehingga dalam jangka panjang bisa berbahaya untuk jantung.

4. Meningkatnya berat badan

Salah satu hal yang bisa membuatmu mengalami kenaikan berat badan ketika puasa ialah mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, minim serat, serta kalori yang tinggi.

Tubuhmu akan menimbun banyak lemak yang bisa membuat berat badan naik. Oleh sebab itu, jika kamu tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, sebisa mungkin menghindari atau batasi mengonsumsi makanan ini.

5. Risiko sembelit

Mengonsumsi makanan cepat saji bisa terkena risiko sembelit. Hal ini karena makanan cepat saji sangat minim akan serat yang bisa memicu pencernaan terganggu.

Maka dari itu, mengonsumsi makanan cepat saji tanpa diimbangi dengan nutrisi yang lain bisa memicu risiko lebih tinggi terkena sembelit.

Baca Juga: 2 Penyebab Utama Susah BAB Saat Puasa

6. Risiko diabetes

Makanan cepat saji mengandung gula yang tinggi dan lemak jenuh atau trans. Kandungan keduanya ini dipercaya bisa meningkatkan kadar trigliserida atau sejenis lemak yang terdapat dalam darah.

Saat kadar trigliserida tinggi, maka risiko diabetes tipe 2 bisa meningkat hal ini berdasarkan pada Medical News Today, yang dikutip dari sehatq.com.

Nah, itulah beberapa bahaya mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering ketika buka puasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga