adplus-dvertising

Deretan Makanan yang Mampu Tingkatkan Fungsi Otak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 05 Januari 2022
641 dilihat
Deretan Makanan yang Mampu Tingkatkan Fungsi Otak
Makanan yang mampu tingkatkan fungsi otak. Foto: Halodoc

" Otak adalah organ yang padat energi, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Makanan yang kita makan dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita.

Makan makanan yang meningkatkan otak dapat mendukung fungsi otak jangka pendek dan jangka panjang.

Dilansir dari Medical News Today, otak adalah organ yang padat energi, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk mempertahankan konsentrasi sepanjang hari.


Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat. Misalnya Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak.

Sementara itu antioksidan yang ada juga mengurangi stres dan peradangan seluler yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Ada beberapa makanan yang mengandung dua nutrisi tersebut, berikut beberapa di antaranya:

1. Ikan berminyak

Ikan berminyak adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus.

Omega-3 membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak.

Oleh karena itu, nutrisi ini dapat memperbaiki struktur sel-sel otak yang disebut neuron.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak.

Baca Juga: Yuk, Buat Sup Ayam Jagung yang Cocok Disantap saat Hujan

ara peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi yang lebih baik, atau kemampuan berpikir.

Hasil ini menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya omega-3, seperti ikan berminyak, dapat meningkatkan fungsi otak.

2. Cokelat hitam

Dilansir Kompas.com, cokelat hitam mengandung flavonoid, sejenis antioksidan.

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penurunan kognitif terkait usia dan penyakit otak.

Flavonoid kakao tampaknya baik untuk otak.

Menurut ulasan yang terbit pada tahun 2013, flavonoid dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang terlibat dalam memori dan pembelajaran.

Nutrisi ini juga dapat merangsang aliran darah di otak.

3. Buah beri

Seperti cokelat hitam, banyak buah beri mengandung antioksidan flavonoid.

Penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membuat buah beri menjadi makanan yang baik untuk otak.

Antioksidan membantu dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Antioksidan dalam buah beri, termasuk anthocyanin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

Baca Juga: Hindari Kecelakaan, Begini Cara Aman Berkendara di Jalan Basah

Sebuah ulasan tahun 2014 mencatat bahwa senyawa antioksidan dalam buah beri memiliki banyak efek positif pada otak

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian mungkin baik untuk otak karena makanan ini mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa asupan kacang yang lebih tinggi secara keseluruhan dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik di usia yang lebih tua.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga sumber yang kaya antioksidan vitamin E, yang melindungi sel dari stres oksidatif.

Seiring bertambahnya usia, otak mereka mungkin terkena bentuk stres oksidatif ini. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga