Diduga Akan ke Sultra, 43 TKA China Ditolak di Bandara Soekarno Hatta

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 20 Maret 2020
0 dilihat
Diduga Akan ke Sultra, 43 TKA China Ditolak di Bandara Soekarno Hatta
Imingrasi Bandara Soekarno Hatta yang menolak kedatangan TKA China. Foto: Ist

" Persoalan yang mereka hadapi sebagian besar adalah validity of health certificate. Ada yang masa berlaku HC-nya sudah kedaluwarsa dan ada juga yang tidak ada HC. Berdasarkan hal itu maka 43 orang tersebut semuanya kami tolak "

KENDARI, TELISIK.ID - Kembali, Tenaga Kerja Asing (TKA) China masuk ke Indonesia. Kuat dugaan, 43 TKA China tersebut akan mendarat di Sulawesi Tenggara (Sultra). Tapi sayangnya, di Bandara Soekarno Hatta, mereka semua ditolak kedatangannya oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara.

43 TKA China tersebut sampai ke Indonesia melalui jalur Bandara Thailand. Kabarnya mereka akan menuju ke Kendari, Sultra.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta, Saffar Muhammad Godam, menuturkan, puluhan WNA China tersebut tidak diizinkan masuk ke Indonesia lantaran masalah Health Certificate (HC) pada Senin (16/3/2020) dan dilakukan atas rekomendasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno Hatta.

"Persoalan yang mereka hadapi sebagian besar adalah validity of health certificate. Ada yang masa berlaku HC-nya sudah kedaluwarsa dan ada juga yang tidak ada HC. Berdasarkan hal itu maka 43 orang tersebut semuanya kami tolak,” ujar Godam.

Saat ditelusuri, kata Godam, semua TKA China tersebut sebenarnya sudah memenuhi syarat masuk ke Indonesia. Namun lantaran protokol kesehatan yang tidak dipenuhi, maka kedatangan mereka terpaksa ditolak.

"Berdasarkan visa yang dimiliki, mereka menggunakan visa B 211 yaitu dalam rangka uji coba calon tenaga kerja asing (di Indonesia),” pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Rani

Baca Juga