Dinas Cipta Karya Genjot SDM Konstruksi Berkualitas di Sulawesi Tenggara

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
Dinas Cipta Karya Genjot SDM Konstruksi Berkualitas di Sulawesi Tenggara
Foto bersama usai pelatihan terkait SIPJAKI oleh Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara yang digelar di Kendari pada 8 September lalu. Foto: Ist.

" Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara terus berupaya untuk menciptakan SDM konstruksi yang berkualitas dan berketrampilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara terus berupaya untuk menciptakan SDM konstruksi yang berkualitas dan berketrampilan. Hal ini sangat diperlukan dalam persaingan global.

Untuk mewujudkan program tersebut, salah satunya dilakukan dengan melaksanakan pelatihan terkait Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi (SIPJAKI) yang digelar di Kendari pada 8 September lalu.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul yang diwakili La Liusu mengatakan, saat ini pekerja konstruksi dituntut untuk lebih profesional dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Hadir di Kendari, Pencucian Oto 18 Manjakan Pengunjung dengan Konsep Cafetaria

Tentunya, kata dia, pada kondisi insfratruktur yang handal dan berkelanjutan yang diselenggarakan melalui prinsip good governance.

Kantor Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara. Foto: Nur/Telisik

 

"Saya minta untuk mendukung transformasi industri konstruksi nasional selain rekstrukturisasi sistem industri konstruksi, perkuatan rantai pasok konstruksi juga pemberdayaan usaha konstruksi skala mikro, kecil dan menengah. Termasuk pengembangan kompetensi SDM konstruksi dapat dipercepat penyelesainnya," katanya.

Olehnya itu, elemen penting untuk meningkatkan daya saing di sektor konstruksi adalah meningkatkan SDM konstruksi yang berkualitas dan berketrampilan. Hal ini sangat diperlukan dalam persaingan global.

“Untuk itu diperlukan pelatihan dan pendidikan bagi mereka, seperti pelatihan saat ini," paparnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir Dirjend Bina Konstruksi, Yudha Mediawan yang diwakili oleh Nicodemus Daud, Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Ditjend Bina Konstruksi Kementrian PUPR.

Menurut Nicodemus Daud, SIPJAKI merupakan sistem informasi yang menjadi salah satu media bagi pemerintah daerah. Yaitu untuk melaksanakan tugas menyediakan layanan informasi pembinaan jasa konstruksi berisi data dan informasi tanggungjawab dan kewenangan serta pembinaan pemda berdasarkan IKK tersebut.

Baca Juga: Tahun 2023, Pemkot Kendari Akan Percepat Lelang Proyek Strategis

Dari kegiatan pelatihan tersebut, kata dia, bisa memunculkan ide, gagasan dan inovasi, utamanya pada pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi di daerah.

"Saya harap seluruh gagasan yang dihasilkan melalui acara ini dapat diimplementasikan dalam bentuk tindakan nyata," ujarnya.

Dari pelataihan yang digelar diharapkan Kementerian PUPR untuk mengagendakan pertemuan Forum Jasa Konstruksi Sahabat, yang mungkin bisa dilaksanakan dalam setiap triwulan. Pertemuan tersebut dilakukan guna membahas tentang pengembangan jasa Konstruksi di Sulawesi Tenggara.

Diketahui, pelaksanaan SIPJAKI ini dirangkaikan dengan forum jasa konstruksi dan pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari beberapa daerah di Sulawesi Tenggara dan sejumlah pengurus organisasi terkait konstruksi. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga