FMIPA sebagai Pioner Pencanangan ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi di UHO

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 15 Juni 2023
0 dilihat
FMIPA sebagai Pioner Pencanangan ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi di UHO
Pemotongan tumpeng oleh Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu dalam launching sanggara time di FMIPA UHO. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melaunching sarana membangun gagasan dan karya (sanggara) time yang menjadi program kerja di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), sebagai tempat bertukar pikiran oleh para dosen "

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melaunching sarana membangun gagasan dan karya (sanggara) time yang menjadi program kerja di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), sebagai tempat bertukar pikiran oleh para dosen.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun Firihu menjelaskan, UHO sudah mengusulkan itu sejak tiga tahun lalu yaitu tahun 2020, dan menjadi pioner untuk pencanangan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) di UHO.

Setelah melalui proses yang panjang, dengan beberapa evaluasi, kemudian membenahi hasil rekomendasi dari Kementerian, selama dua tahun FMIPA sudah mempunyai nilai yang cukup untuk di ajukan sebagai ZI, menuju WBK di Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Baca Juga: Tim FMIPA UHO Raih Juara I Tingkat Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah

"Universitas selalu mendukung penuh apapun yang dilakukan oleh FMIPA untuk ZI menuju WBK. Mudah-mudahan tahun ini FMIPA UHO bisa menyandang sebagai ZI menuju WBK di UHO, rencananya juga saya akan menunjuk Fakultas Teknik dan Pertanian juga agar bersiap untuk ZI menuju WBK," jelasnya, Kamis (15/6/2023).

Dia menjelaskan, sanggara time merupakan salah satu wahana untuk melihat lagi apa yang ada di FMIPA. Bukan hanya untuk ZI menuju WBK saja tetapi secara keseluruhan untuk pembangunan FMIPA UHO, walaupun yang difokuskan sekarang bagaimana FMIPA bisa meraih predikat ZI menuju WBK.

Sementara itu, Dekan FMIPA UHO, Ida Usman mengungkapkan, FMIPA melakukan penataan tata laksana dengan prinsip pelayanan yang cepat, tidak berbelit-belit, transparan dan akuntabel. FMIPA membangun penguatan manajemen sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: 3 Siswi SMAN 5 Kendari Borong Piala di Computer Science Competition FMIPA UHO

FMIPA sebagai pilot project pembangunan ZI menuju WBK di UHO yang ditunjuk langsung oleh rektor. Tahun lalu saat tim datang untuk penilai internal, yang berasal Inspektorat Jenderal Kemdikbudristek, nilai yang diraih FMIPA sudah cukup dan layak diajukan sebagai ZI menuju WBK.

"Namun karena pembatasan kuota dari Kemenpan RB, FMIPA UHO belum diajukan. Mudahan-mudahan, tahun ini kita bisa raih predikat tersebut," jelasnya. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga