Disnakertrans Sulawesi Tenggara Didemo Soal BPJS Pekerja PT WIN Konawe Selatan

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 07 September 2023
0 dilihat
Disnakertrans Sulawesi Tenggara Didemo Soal BPJS Pekerja PT WIN Konawe Selatan
LPMT saat menyampaikan aspirasi di Disnakertrans Sulawesi Tenggara terkait jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan di PT WIN Konawe Selatan. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara, tengah menjadi sorotan tenaga kerja pertambangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara, tengah menjadi sorotan tenaga kerja pertambangan.

Pasalnya, beberapa kali terlihat demonstran menggeruduk kantor Disnakertrans, mempertanyakan sistem pengupahan dan jaminan kesehatan kerja lingkup pertambangan.

Seperti terjadi Kamis (7/9/2023), puluhan massa dari Lingkar Pemuda Masyarakat Tolaki (LPMT) menuntut adanya pelanggaran ketenagakerjaan terkait upah dan jaminan kesehatan pekerja di PT Wijaya Inti Nusantara (WIN) di Desa Torobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan.

Ketua LPMT, Nurlan menyampaikan tuntutan terkait adanya dugaan pelanggaran bidang ketenagakerjaan, salah satunya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Begini Kondisi Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara Sebelum Kedatangan Andap Budhi Revianto

"Jadi pihak PT WIN berdasarkan bukti yang kami punya membayarkan BPJS,  mengikutsertakan program BPJS Ketenagakerjaan, itu tidak sesuai. Salah satu contoh gajinya Rp 6 juta tapi dibayarkan ke BPJS itu Rp 3 juta, sementara di aturan BPJS Ketenagakerjaan itu 5,7 persen, jadi 2 persen dari pekerja 3,7 persen itu dari pihak perusahaan dan itu wajib dibayarkan," urainya.

Pelanggaran tersebut dilakukan secara bertahun-tahun oleh PT WIN, sehingga para pekerja menuntut hak dan keadilan.

"Yang jelasnya kami di sini menyampaikan aspirasi dan melaporkan terkait adanya pelanggaran bidang ketenagakerjaan. Mosi tidak percaya karena bertahun-tahun PT WIN melakukan pelanggaran," ungkapnya.

Melalui Staf Fungsional Bidang Pengawasan dan Keselamatan Kerja, Alfian mengatakan, telah menerima tuntutan demomstran dari LPMT dan akan dieruskan pada pimpinan.

Baca Juga: Pj Gubernur Andap Budhi Revianto akan Datang Sore Ini, Menginap di Hotel Claro

"Ya kalau itu sudah diterima, tanda terima surat bahwa dia sudah mengadu, nanti disampaikan kepada pimpinan," ucapnya.

Saat memintai tanggapan terkait demonstrasi yang sering terjadi di Disnakertans Sulawesi Tenggara oleh para pekerja lingkup pertambangan, Alfian mengaku tidak tau.

"Kalau masalah banyak, saya tidak tau banyak atau tidaknya dan no komen saya, pengawas itu banyak ada 18 orang kebetulan saya hadapi satu, ya salah satu saja, nanti tunggu minta tanggapan pimpinan," bebernya.

Saat dimintai konfirmasi Telisik.id, Kabid Pembinanan dan Pengawasan Ketenagakerjaan, Asni Niduli tidak memberi respon. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga