Pemkot Kendari Perluas Layanan Vaksinasi Hingga Puskesmas

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
0 dilihat
Pemkot Kendari Perluas Layanan Vaksinasi Hingga Puskesmas
Pemerintah Kota Kendari terus menggencarkan program vaksinasi, layanan vaksinasi dilakukan hingga puskesmas. Foto: Sumarlin/Telisik

" Menyukseskan program pemerintah pusat 1 juta vaksinasi setiap hari di bulan Juli, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memperluas layanan vaksinasi hingga ke puskesmas jaringan Dinas Kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyukseskan program pemerintah pusat 1 juta vaksinasi setiap hari di bulan Juli, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memperluas layanan vaksinasi hingga ke puskesmas jaringan Dinas Kesehatan.

Wakil Wali Kota Kendari dr. Siska Karina Imran mengatakan, Pemerintah Kota Kendari siap mendukung program 1 juta vaksin setiap hari di bulan Juli, seperti yang disampaikan langsung Presiden RI Joko Widodo saat kunjungannya ke Kendari beberapa waktu lalu.

"Pak Presiden meminta pada Pak Gubernur dan 17 bupati/wali kota se-Sultra untuk menyukseskan program 1 juta vaksin agar semakin banyak warga yang divaksin, sehingga tercapai target herd immunity," katanya, Selasa (6/7/2021).

Untuk mendukung program tersebut lanjut Siska, Pemerintah Kota Kendari menyediakan layanan vaksinasi di 15 puskesmas yang ada di Kota Kendari.

Politisi Partai Amanat Nasional ini mengajak warga untuk mengikuti vaksinasi massal gratis ini.

Baca juga: Pemerintah Berlakukan PPKM Mikro di Luar Jawa-Bali Termasuk Kendari

Baca juga: 90 Jenazah Dikuburkan Tiap Bulan, 2031 TPU Punggolaka Penuh

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Kendari juga, telah mengeluarkan jadwal vaksinasi pada 15 puskesmas jaringannya termasuk di Dinas Kesehatan yang dilakukan pada hari kerja, Senin-Jumat dengan kuota per hari sebanyak 200 dosis.

Sedangkan di puskesmas mendapat jatah 100 dosis setiap kali pelaksanaan vaksinasi. Di Puskesmas Lepo-lepo misalnya memiliki jadwal vaksinasi, Senin, Rabu dan Sabtu.

Kepala Puskesmas Lepo-lepo dr. Andi Nurmawanti mengaku, antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi massal sangat banyak, dari jatah 100 dosis yang ditarget, sering kali tidak mencukupi.

"Setiap kali vaksinasi dalam ruangan kami diberikan jatah 100 dosis, tapi kemarin antusias warga sangat banyak sehingga kami melayani sebanyak 190-an warga yang mau vaksin," ungkapnya.

Dia meminta warga dalam wilayah layanan Puskesmas Lepo-lepo yang belum melakukan vaksinasi, bisa langsung ke Puskesmas Lepo-lepo sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dengan syarat telah berusia 18 dibuktikan dengan membawa KTP.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran COVID-19 di Kota Kendari. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga