DLHK Libatkan Pedagang Rawat Taman Gerbang Batas Kota Kendari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 Februari 2021
0 dilihat
DLHK Libatkan Pedagang Rawat Taman Gerbang Batas Kota Kendari
Taman yang ada di gerbang batas Kota Kendari - Konawe Selatan. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Taman yang masuk taman aktif ini akan diberlakukan khusus, yakni lebih ditingkatkan perawatan dan penjagaannya "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) melibatkan para pedagang untuk mejaga dan merawat taman yang ada di gerbang batas Kota Kendari – Konawe Selatan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama. Menurutnya, taman yang ada di gerbang batas kota tersebut merupakan taman kategori taman aktif.

Dimana, kata dia, taman yang masuk taman aktif ini akan diberlakukan khusus, yakni lebih ditingkatkan perawatan dan penjagaannya.

Meski hanya satu petugas yang merawat taman, tetapi pihaknya telah bekerjasama dengan Satpol PP untuk mensosialisasikan agar pedagang ikut menjaga kebersihan taman.

“Di taman gerbang batas kota di sana itu jadi tempat nongkrong masyarakat setempat. Hampir setiap sore ramai pengunjung, sehingga itu juga dimanfaatkan para pedagang. Makanya, kami sudah lakukan kesepakatan bahwa para pedagang berkewajiban untuk menjaga kebersihan,” katanya, belum lama ini.

Baca Juga: Jaga RTH, Warga Diharap Jangan Merusak Tanaman di Median Jalan

Baca Juga: DLHK Kendari Rawat RTH hingga Batas Kota

Sementara itu, salah satu warga Kota Kendari, Abu Fatih mengatakan, taman yang ada di batas kota tersebut memang sudah ramai, baik orang yang menikmati sore hari maupun para pedagang yang mencari rezeki dengan menjajakan jualannya.

Di sana, kata dia, beraneka ragam yang dijual, baik minuman dingin maupun gorengan yang menjadi kesukaan kebanyakan orang ketika bersantai.

“Iya, di sana banyak orang duduk-duduk sambil belanja minuman dan makanan ringan, seperti gorengan. Jadi, saya rasa bagus memang semua yang ada di sana ikut menjaga kebersihan taman di sana,” pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga