Dokter Radiologi dan Jaga di RS Bina Kasih Medan Diperiksa Polisi Dugaan Malpraktik Anak Tentara

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Jumat, 25 Agustus 2023
0 dilihat
Dokter Radiologi dan Jaga di RS Bina Kasih Medan Diperiksa Polisi Dugaan Malpraktik Anak Tentara
Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, tempat kedua dokter di RS Bina Kasih Medan diperiksa. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, memeriksa sejumlah dokter atas perkara dugaan malpraktik anak tentara, Serka Holmes "

MEDAN, TELISIK.ID - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, memeriksa sejumlah dokter atas perkara dugaan malpraktik anak tentara, Serka Holmes.

Selain Herling Pangkerego selalu dokter penanggung jawab pasien yang masih anak di bawah umur itu.

Dokter Depilianto selaku dokter Radiologi dan dokter Syarifah Muzna Bew selaku dokter jaga IGD dan Frengki Saputra Sitanggang, selaku Perawat IGD Rumah Sakit (RS) Bina Kasih Medan juga turut diperiksa.

Diperiksanya dua dokter itu dibenarkan oleh Ahli Hukum Kesehatan yang mendampingi perkara dugaan malpraktik itu, Dian Wahyuni ketika dikonfirmasi awak media Jumat (25/8/2023) siang.

Baca Juga: Dokter Herling Pangkerego Diperiksa Penyidik Dugaan Malpraktik Anak Tentara di Medan

"Jadi, kedua dokter itu juga diperiksa. Karena kedua dokter itu juga selaku dokter yang turut serta menangani pasien sewaktu di rawat di Rumah Sakit Bina Kasih Medan," kata Dian.

Mereka diperiksa di ruangan Sudbit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara.

"Jadi, kami yakin penyidik yang menangani perkara ini bisa mengembangkan berbagai informasi yang didapatkan sewaktu memeriksa kedua dokter itu," tutur Dian yang juga berkantor di Provinsi Riau.

Dian mengaku, anak dari Serka Holmes menjadi dugaan malpraktik dan mengalami kerugian. Bahkan, anak Serka Holmes pasti mengalami trauma.

"Kami berharap agar penyidik segera menaikkan perkara ini dari lidik menjadi sidik, dan tetapkan tersangka orang yang diduga melakukan malpraktik ini," terangnya.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Jhon Teddy Marbun ketika dikonfirmasi mengaku, beberapa dokter yang menangani pasien sudah diminta keterangan.

"Sudah diminta keterangan sebagai saksi, diinterogasi. Untuk perkara ini masih tahap lidik," ucapnya.

Diakuinya, penyidik berusaha untuk memberikan kepastian hukum dan hukum yang berkeadilan. Bahkan mereka juga berupaya menemukan kedua belah pihak itu untuk dilakukan mediasi.

Baca Juga: Direktur RS Bina Kasih Medan Diperiksa Penyidik Dugaan Malpraktik Anak Tentara, Kasus Naik Sidik

"Sudah beberapa kali dilakukan mediasi, tapi kami akan terus menciptakan hukum yang berkeadilan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Dokter HP diduga melakukan malapraktik terhadap anak Serka Holmes berinisial RSS (6), saat menjalani perawatan di RS Bina Kasih Medan.

Dokter itu diduga salah potong urat saraf pada tangan sebelah kanan RSS hingga membuat tangan anaknya nyaris diamputasi. Beruntung, akhirnya Serka Holmes menolak dan akhirnya membawa anaknya ke RS Adam Malik Medan.

Dugaan malpraktik itu terjadi di RS Bina Kasih Medan Jalan Jenderal TB Simatupang, Medan, 18 Mei 2023. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga