Duo Nusa Tenggara Sah Jadi Tuan Rumah PON 2028, Begini Tanggapan Gubernur

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 15 September 2022
0 dilihat
Duo Nusa Tenggara Sah Jadi Tuan Rumah PON 2028, Begini Tanggapan Gubernur
Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman saat memberikan keterangan ke awak media. Foto: Ist.

" Penetapan tersebut disahkan dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI 2022 beberapa hari lalu "

KUPANG, TELISIK.ID - Dua Provinsi Nusa Tenggara, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah sah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028.

Jika selama ini hanya menjadi wacana, kini sekarang dua Provinsi Nusa Tenggara tersebut sudah dikatakan sah jadi tuan rumah turnamen bergengsi di Indonesia itu.

Penetapan tersebut disahkan dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI 2022 beberapa hari lalu.

"Kita baru saja melaksanakan Musornaslub dan yang terpilih adalah duo Nusa Tenggara, yakni NTB dan NTT sebagai tuan rumah PON 2028," kata Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Kamis (15/9/2022).

Menurut dia, proses yang dilakukan cukup panjang hingga akhirnya dua Nusa Tenggara ini ditetapkan sebagai tuan rumah. Semuanya pun telah dilalui.

Baca Juga: Hina Ning Imaz, Ansor Jawa Timur Kecam Eko Kuntadhi

"Saya yakin dua provinsi ini akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Terima kasih atas kesungguhan Gubernur NTB, Gubernur NTT dan jajarannya sehingga proses ini berjalan lancar dan dua daerah itu terpilih dengan baik," tutur Marciano.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengatakan, akan menggunakan waktu sebaik-baiknya dalam mempersiapkan pesta olahraga nasional tersebut dalam enam tahun ke depan, terutama terkait infrastruktur.

"Waktu ke depan masih cukup panjang. Karena itu kami akan benahi betul segala fasilitas dan kesiapan lain," ujarnya.

Hal senada dikatakan Gubernur NTT, Viktor Buntilu Laiskodat. Ia bilang, NTT sudah siap menjadi tuan rumah PON 2028.

Baca Juga: Pj Bupati Dianggap Tak Tegas Disiplinkan ASN Muna Barat, DPRD Sarankan Ini

Dari segi infrastruktur, kata dia, pihaknya sedang melakukan proses pembenahan agar bisa maksimal.

Saat ini, lanjut dia, Provinsi NTT sedang mengadakan turnamen kualifikasi liga 3, yakni turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC) di Lembata.

"Setelah turnamen itu NTT tentunya punya penjaringan pemain untuk persiapan PON 2028 dan sekaligus pembenahan infrastruktur sebagai tempat pelaksanaan," kata Laiskodat. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga