2 Ribuan Siswa SD Diwisuda, Wali Kota Baubau Ingatkan Peran Islam Dipertahankan

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 20 Mei 2023
0 dilihat
2 Ribuan Siswa SD Diwisuda, Wali Kota Baubau Ingatkan Peran Islam Dipertahankan
Suasana wisuda santri XVI TPA SD se-Kota Baubau yang berlangsung di pelataran kantor Wali Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak 2061 santriwan dan santriwati yang telah mampu mengaji kelas VI SD se-Kota Baubau melaksanakan wisuda XVI, pada Sabtu (20/5/2023) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak 2061 santriwan dan santriwati yang telah mampu mengaji kelas VI SD se-Kota Baubau melaksanakan wisuda XVI, pada Sabtu (20/5/2023).

Wisuda santri itu dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI-SD) di bawah pembinanaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bertempat di pelataran kantor Wali Kota Baubau.

Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse memberikan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati kelas 6 SD se-Kota Baubau.

Baca Juga: 10 Persen Warga Kota Baubau Enggan Bawa Anak Imunisasi

"Selamat atas keberhasilannya, semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat," tuturnya.

Ia juga mengingatkan untuk selalu membaca Al-quran dan mempelajari ilmu agama, agar membentuk mental dan budi pekerti yang luhur.

Berdasarkan historis, Kota Baubau dahulu adalah wilayah kesultanan, di mana setiap tradisinya mengandung pesan moral, maka peran agama harus selalu dipertahankan di tengah ancaman dekadensi moral.

Ia berharap, wisuda santri itu menjadi titik pijak memacu setiap lembaga pendidikan agama Islam, khususnya baca tulis Al-quran secara lebih baik di masa mendatang.

Menurut Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Baubau, Fitriyanti, sumber dana berasal dari dana BOS setiap sekolah

"Sesuai jumlah siswa setiap siswa Rp 20 ribu," ucapnya.

Jumlah yang diwisuda ada 67 SD se-Kota Baubau dengan kategori A dan B dari penilainnya, jika ada yang tidak mendapat nilai A dan B berarti tidak diwisuda.

Untuk Kota Baubau, kemampuan baca tulis Al-quran untuk tingkat SD sudah cukup baik, tetapi ada kategori dari sudah sangat pintar, hingga sudah mulai mengenal huruf tetapi belum bisa membaca.

Baca Juga: Puluhan Calon Jemaah Haji Kota Baubau Gagal Berangkat

Ia juga mengungkapkan, bantuan Dinas Pendidikan hanya memfasilitasi dan memberikan apresiasi kepada santriwan dan santriwati yang terbaik dari pihak sekolah, dan sudah beberapa tahun melaksanakan wisuda santri.

Nazwa Zulviana, terpilih menjadi wisuda terbaik untuk perwakilan SD Pulau Makassar Kota Baubau, ia merasa senang karena bisa terpilih dan tidak menyangka dengan perolehan nilai 95.

"Ada ujiannya sampai saya bisa menjadi lulusan terbaik untuk SD Pulau Makassar" ucapnya

Ia menyampaikan pesan dari orang tuanya agar belajar dengan baik, sehingga kelak bisa menjadi orang sukses. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga