Gempa Tektonik Guncang Kendari dan Sekitarnya

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Kamis, 03 Desember 2020
0 dilihat
Gempa Tektonik Guncang Kendari dan Sekitarnya
Gempa tektonik guncang Kendari yang berpusat di laut pada jarak 78 arah Timur Konawe Kepulauan. Foto: Repro BMKG

" Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gempa tektonik  mengguncang beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara termasuk Kota Kendari, Kamis (3/12/2020) pukul 03.36 dengan kekuatan 5,3 magnitudo.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah Timur Laut Konawe, Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km.

Kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kendari dan dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Kemudian, selain Kota Kendari, guncangan gempa tersebut juga mengguncang Konawe Selatan dan Konawe Kepulauan, getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket KM Sinabung Desember 2020

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga Kamis 03 Desember 2020 pukul 04:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, ST, Dipl. Seis, M.Sc, mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa," ungkapnya.

Kemudian ia juga menyarankan agar masyarakat memastikan kestabilan bangunan sebelum kembali dalam rumah akibat getaran gempa. (B)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga