Gubernur Khofifah Turun Gunung Pantau Harga Pasar

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 28 September 2022
0 dilihat
Gubernur Khofifah Turun Gunung Pantau Harga Pasar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat pantau harga bapok di pasar Surabaya. Foto: Ist.

" Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok di sejumlah pasar di Surabaya dan sekitarnya "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau harga bahan pokok di sejumlah pasar di Surabaya dan sekitarnya. Untuk itu, Khofifah  turun langsung memastikan harga bahan pokok (bapok) di pasar hari ini stabil dan beberapa item dijual di bawah Harga Eceran Tinggi (HET).

"Menjaga harga tetap stabil menjadi sangat penting. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat. Karena itu menjadi modal kita untuk bisa membangun agar pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," tegasnya.

Saat blusukan di Pasar Soponyono, didapatkan bahwa harga bahan dan kebutuhan pokok di sana cukup stabil. Bahkan beberapa komoditas dijual di bawah HET. Misalnya daging ayam rata-rata HET-nya Rp 34 ribu per kg, tapi di Pasar Soponyono rata-rata Rp 32 ribu. Kemudian daging dengan kualitas paling bagus Rp 115 ribu per kg.

"Kita juga mengkoordinasikan dengan pemerintah kabupaten kota untuk memetakan apa yang lebih efektif dilakukan oleh pemprov dan apa yang lebih efektif dilakukan oleh pemerintah kota dan kabupaten untuk bersama menjaga daya beli masyarakat sekaligus mengendalikan inflasi," jelasnya, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Usai Dikukuhkan, PBSI Konawe Selatan Pasang Target Tinggi di Porprov

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Drajat menambahkan, harga-harga di pasar pada dasarnya berkisar sekitar harga eceran tertinggi (HET). Dia menyebut, beras premium Rp 12.500, beras medium sekitar Rp 9.500, kemudian bawang merah antara Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu, kemudian bawang putih antara Rp 24 ribu-Rp 26 ribu, cabai merah besar antara Rp 40 ribu hingga Rp 55 ribu.

Baca Juga: Rencana Hibah Lahan GOR untuk Intens Muhammadiyah Perlu Kajian Mendalam

Namun harga cabai rawit masih tinggi Rp 55 ribu hingga Rp 63 ribu, lalu daging sapi antara Rp 115 ribu, daging ayam antara Rp 32 ribu hingga Rp 33 ribu. Kemudian telur ayam antara Rp 24 sampai Rp 25 ribu.  Selanjutnya untuk minyak goreng rata-rata Rp 14 ribu bahkan minyak curah yang dijual di bawah HET senilai Rp 14 ribu.

Sedangkan untuk gula pasir antara Rp 12.500 sampai Rp 13.500.

"Dengan demikian, pada dasarnya masih di sekitaran HET dan mudah-mudahan dengan beberapa upaya yang dilakukan ibu gubernur ini bisa lebih stabil," jelasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga