adplus-dvertising

Hampir Seribu Orang dan Pejabat AS Dilarang Masuk ke Rusia, Ada Apa?

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
423 dilihat
Hampir Seribu Orang dan Pejabat AS Dilarang Masuk ke Rusia, Ada Apa?
Rusia putuskan melarang 963 warga dan pejabat Amerika masuk ke Rusia. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" Setidaknya ada 963 daftar nama yang dilarang masuk Rusia termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pejabat tinggi lainnya "

MOSKOW, TELISIK.ID - Rusia mengumumkan pelarangan bagi warga berkebangsaan Amerika untuk masuk ke Rusia. Setidaknya ada 963 daftar nama yang dilarang masuk termasuk di antaranya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pejabat tinggi lainnya.

Keputusan tersebut diketahui merupakan bagian dari tindakan pembalasan terhadap sanksi anti-Rusia yang terus menerus dijatuhkan oleh AS, sebagaimana dilansir dari Republika.co.id, Senin (23/5/2022).

Kementerian menerbitkan 'daftar berhenti' nasional lengkap, yang mencakup nama-nama yang diumumkan sebelumnya seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Kepala CIA William Burns dan Direktur FBI Christopher Wray.


"Kami menekankan bahwa tindakan bermusuhan Washington, yang menjadi bumerang terhadap AS sendiri, akan terus ditanggapi dengan cara yang sama," bunyi pernyataan itu.

Rusia telah dipaksa keadaan untuk mengambil tindakan balasan yang bertujuan untuk memaksa rezim AS yang berkuasa, yang berusaha untuk memaksakan tatanan dunia berbasis aturan neokolonial di seluruh dunia, untuk mengubah perilakunya dengan mengakui kenyataan geopolitik.?

Baca Juga: Ternyata Ada 4 Orang Terkaya di Arab, Raja Salman dan MBS Minggir Dulu

?"Rusia tidak mencari konfrontasi dan tetap terbuka untuk dialog yang jujur dan saling menghormati, membedakan rakyat Amerika dari otoritas AS yang memicu Russophobia dan mereka yang melayani mereka," kata pernyataan itu.

Selain itu, pada Minggu (22/5/2022) kemarin, daftar itu telah diperbarui di mana isinya didominasi para senator AS serta para anggota DPR.

Ada sejumlah nama pejabat baik yang masih menjabat atau pun mantan serta jurnalis, prajurit, advokat, hingga warga AS dalam daftar itu.

Melansir dari Kompas.com, nama aktor Morgan Freeman dan Rob Reiner turut muncul dalam daftar itu. Sekretaris Negara zaman Presiden Donald Trump yaitu Mike Pompeo turut berada di daftar tetapi nama Trump sendiri tidak ada.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian di Rusia mengatakan orang-orang di dalam daftar itu dikategorikan sebagai mereka yang menghasut 'Rusia-phobia'. Hal ini disebut pula sebagai sanksi balasan dari Rusia untuk AS.

Baca Juga: Ramos-Horta Kembali Jadi Presiden Timor Leste, Ini Janji Politiknya

Sebelumnya, pada Sabtu (21/5/2022), secara terpisah, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan telah menambahkan 26 nama baru ke daftar orang Kanada yang dilarang bepergian ke Rusia.

Daftar itu termasuk kepala pertahanan, eksekutif industri pertahanan dan Sophie Gregoire Trudeau, istri Perdana Menteri Justin Trudeau. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga