Hijaukan Lokasi GOR, Pemda Wakatobi Tanam 300 Pohon

La Ode Arjuno Emang Sah, telisik indonesia
Jumat, 13 Desember 2019
0 dilihat
Hijaukan Lokasi GOR, Pemda Wakatobi Tanam 300 Pohon
Foto Bupati Wakatabi H Arhawi usai melakukan penanaman pohon di kawasan Gor Wakatobi. Foto: Juno/ Telisik

" mengapa Wakatobi menjadi salah satu cagar biosfir dunia karena Wakatobi memiliki ketersediaan lingkungan yang bisa memberikan kontribusi terhadap dunia terutama di bidang penelitian. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Dalam rangka pelestarian lingkungan, pemerintah daerah Kabupaten Wakatobi melakukan penanaman 300 pohon.

Penanaman pohon tersebut dilaksanakan di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Kabupaten Wakatobi di Desa Komala Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Jumat (13/12/2019).

Baca Juga: Hari Ini Pengumuman Seleksi Administrasi CASN 2019, Ini Cara Ceknya

Bupati Wakatobi H Arhawi menyatakan, Kabupaten Wakatobi pada dasarnya telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu daerah cagar biosfir pada 2012 dan di Indonesia hanya 12 tempat.

"mengapa Wakatobi menjadi salah satu cagar  biosfir dunia karena Wakatobi memiliki ketersediaan lingkungan yang bisa memberikan kontribusi terhadap dunia terutama di bidang penelitian," ungkapnya.

Lebih lanjut Arhawi menjabarkan bahwa kawasan daratan yang dimiliki Wakatobi hanya tiga persen yang didiami kurang lebih 1.150.000 jiwa  masyarakat Wakatobi, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah positif untuk melestarikan lingkungan.

"Jika tidak ada langkah positif yang kita buat dalam rangka melestarikan lingkungan kita di kawasan darat maka dikhawatirkan di masa yang akan datang kita akan mewariskan sesuatu yang negatif kepada generasi kita yang akan datang," ujarnya.

Oleh karena itu, dia berharap apa yang diperbuat hari ini akan menjadi warisan bagi generasi yang akan datang.

Baca Juga: Kemenkumham Sultra Umumkan 9.661 Pelamar CASN Lolos Berkas

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Wakatabi, Jaemuna menyatakan, untuk langkah pertama baru dilakukan penanan sebanyak 300 pohon yang terdiri dari 100 pohon sukun dan 200 pohon mahoni.

"Ini untuk langkah pertama nanti berikutnya kami akan tanami semua kawasan GOR ini tetapi setelah final pembangunanny. Kita harapkan kawasan GOR ini adalah kawasan yang terbuka hijau yang nyaman dan menyenangkan dengan pohon yang kita tanam ini," ujarnya.

Reporter: Juno
Editor: Rani

Baca Juga