HUT ke-78 RI, Pj Bupati: Muna Barat Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
HUT ke-78 RI, Pj Bupati: Muna Barat Terus Melaju untuk Indonesia Maju
Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat upacara perayaan HUT ke-78 RI di lapangan Wamelai, Kecamatan Lawa, Muna Barat. Foto: Ist.

" Maknai kemerdekaan Indonesia ke-78, Pemda Muna Barat melakukan pembangunan sesuai motto HUT ke-78 RI menuju wite barakati "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Maknai kemerdekaan Indonesia ke-78, Pemda Muna Barat melakukan pembangunan sesuai motto HUT ke-78 RI menuju wite barakati.

Upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih berjalan dengan khidmat, serta ada hal yang menarik dari upacara HUT kemerdekaan itu, yakni konsep pemda menggunakan baju adat.

Penjabat (Pj) Bahri katakan, hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretariat Negara dan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan RAPBN menggunakan baju adat.

Maka untuk menindaklanjuti surat edaran tersebut, ia mengirimkan surat kepada seluruh OPD untuk menggunakan pakaian adat saat upacara HUT ke-78 RI.

Pj Bupati Muna Barat dengan setelan pakaian adat Muna yang dikombinasikan lambang Kasunanan Surakarta, bermakna atas kedudukannya sebagai keluarga besar Keraton Surakarta, yakni sebagai Kanjeng Raden Aryo Temanggung, sementara itu istri Pj Bupati Muna Barat, Yosi Rena Bahri memakai pakaian adat Muna yaitu kabantapi.

Baca Juga: Tampil Memukau, Pj Bupati Muna Barat Apresiasi Anggota Paskibraka HUT ke-78 RI

Bahri katakan, dalam memaknai HUT ke-78 RI, yaitu sejalan dengan ucapan presiden pertama, sebagai bangsa yang besar ialah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan, maka dengan pelaksanaan rangkaian 17 Agustus untuk menghargai jasa para pahlawan.

Atas jasa pahlawan itulah saat ini seluruh bangsa mampu merasakan kemerdekaan, maka tugas bangsa saat ini ialah mengisi kemerdekaan. Begitu pula dengan Pemda Muna Barat, yaitu hadir memberikan pelayanan publik yang berkualitas, melaksanakan pembangunan dan melakukan pemberdayaan masyarakat.

"Kita upayakan Muna Barat sinergi dengan motto kemerdekaan saat ini, Muna Barat terus melaju untuk Indonesia maju," ungkapnya, Kamis (17/8/2023).

Pembangunan yang ada di Muna Barat juga sinergi dengan tujuan dari berbangsa dan bernegara sesuai UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa hingga menciptakan ketertiban dunia.

Maka tujuan berbangsa dan bernegara itu diturunkan sebagai visi misi untuk menciptakan Muna Barat wite barakati, yaitu berakhlak, religius, beradat, kekeluargaan dan inovatif.

Ia juga mengharapkan kepada generasi muda dalam rangka mengisi kemerdekaan, harus laksanakan tiga fungsi yaitu sebagai agen perubahan, pemuda harus mempelopori dan memfilter perubahan untuk Muna Barat yang sesuai dengan nilai Pancasila dan UUD.

Kemudian sebagai agen pembangunan, pemuda harus mendukung penuh pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya Pemda Muna Barat guna menciptakan wite barakati.

Pasalnya, dalam berbicara fungsi pembangunan sama halnya yang disampaikan oleh Presiden Soekarno yaitu 'berikan aku seribu orang tua, maka niscaya ku cabut semeru dari akarnya namun berikan aku 10 pemuda maka aku guncang dunia.'

Selanjutnya, sebagai sebagai agen pembaharuan yakni pemuda selalu memberikan pembaharuan-pembaharuan dalam menciptakan pelayanan kualitas yang baik, mengisi pembangunan dan memberdayakan masyarakat secara adil.

Baca Juga: Pembangunan Gedung DPRD Muna Barat Lebih Cepat Dibanding Kantor Bupati

Sementara itu, Ketua BMI Muna Barat, La Ode Harlan Sadia mengatakan, untuk tetap tingkatkan jiwa nasionalisme, patriot, gotong royong dan pantang menyerah.

"Sebagaimana Pesan Bapak Proklamator kita Soekarno, jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah," ungkapnya.

Sehubungan dengan pembangunan di Muna Barat sesuai pencanangan Pj bupati, sebagai pemuda Muna Barat, ia akan selalu mendukung, selama proses itu baik untuk masyarakat dan daerah.

Apalagi saat ini pembangunan di Muna Barat diratakan untuk tiga wilayah besar, sehingga seluruh lapisan masyarakat mampu merasakan pembangunan tersebut, kesejahteraan seolah-olah menyentuh seluruh masyarakat. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga