Ilham Arief Sirajuddin Sebut Wali Kota Makassar Terpilih Harus Berjiwa Siri Na Pacce

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Rabu, 07 Oktober 2020
0 dilihat
Ilham Arief Sirajuddin Sebut Wali Kota Makassar Terpilih Harus Berjiwa Siri Na Pacce
Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat menjadi pembicara dialog jelang Pilwali. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Kelola pemerintahan tidak susah. Jaga hati dan perut rakyat. Jangan singgung budaya dan perasaan masyarakat. "

MAKASSAR, TELISIK.ID – Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar dialog publik yang mengulas soal budaya Siri’ Na Pacce, Sipakatau, Supakainge, Sipakalebbi, pada Rabu (7/10/2020).

Dialog publik tersebut menghadirkan mantan Wali Kota Makassar dua periode, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sebagai pembicara. Kemudian Raja Tallo XIX Makassar, Muh Akbar Amir Sultan Aliyah Ma’gau, Ketua KPMP, Andi Noer Aliem dengan moderator Abdul Halim.

Dalam materinya, Ilham Arief Sirajuddin menegaskan, dalam perhelatan Pilkada Makassar, perlu dijunjung tinggi budaya Makassar, utamanya Siri Na Pacce. Maka dari itu, dia mengimbau agar masyarakat memilih pemimpin yang jujur.

“Pemimpin Makassar harus menjunjung tinggi budaya Siri Na Pacce, Sipakatau, Sipakainge dan Sipakalebbi. Pemimpin harus jujur,” jelas Ilham.

Ilham menegaskan, selama 10 tahun menjabat Wali Kota Makassar dirinya tidak pernah muluk-muluk dalam melakukan pendekatan dengan masyarakat.

“Kelola pemerintahan tidak susah. Jaga hati dan perut rakyat. Jangan singgung budaya dan perasaan masyarakat,” tegas Ilham.

Baca juga: Diduga Diklaim Oknum, Fraksi Golkar Sebut Program Bedah Rumah Aspirasi Ridwan Bae

Tempat sama, Raja Tallo XIX, Muh Akbar Amir menegaskan, pemimpin yang baik adalah mereka yang amanah dan punya rasa malu atau Siri. Pemimpin Makassar juga harus tahu budaya dan menjunjung tinggi adat istiadat.

“Jangan pilih pemimpin yang tidak punya jiwa Makassar. Pilih pemimpin yang punya jiwa Siri Na Pacce,” tegas Muh Akbar.

Ia berharap agar pemimpin yang kelak terpilih mengakomodir tokoh adat dalam setiap keputusan, khususnya terkait budaya.

Sementara itu Ketua KPMP, Andi Noer Alim menambahkan, Ilham Arief Sirajuddin yang dikenal sebagai tokoh Makassar telah memberi dukungan penuh kepada Paslon nomor urut tiga ini. Andi Noer Alim sangat yakin Syamsu Rizal dan Dokter Ananda mampu membawa Makassar ke arah yang lebih baik.

“Kami yakin kalau keduanya akan menjadi pemimpin amanah dan dicintai oleh rakyat,” ucapnya. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga