Ini Deretan Fakta Depo Pertamina Plumpang Terbakar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 04 Maret 2023
0 dilihat
Ini Deretan Fakta Depo Pertamina Plumpang Terbakar
Korban meninggal Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, tim evakuasi masih mencari korban lainnya yang belum ditemukan. Foto: Repro Detiknews.com

" Berdasarkan data terakhir yang dipublikasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pukul 01.16 WIB, sebanyak 17 orang meninggal dunia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Korban kebakaran Depo Pertamina di Plumpang, Koja, Jakarta Utara, yang  terjadi pada pukul 20.11 WIB, Jumat (3/3/2023) malam, kini bertambah.

Mengutip Liputan6.com, sekira sembilan orang masih dinyatakan hilang pada Sabtu (4/3/2023) pagi. Selain itu, berdasarkan data terakhir yang dipublikasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pukul 01.16 WIB, sebanyak 17 orang meninggal dunia.

Dugaan human error

Dilansir dari Tempo.co, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, korban luka bertambah menjadi 49 luka berat, dan 2 luka sedang. Lalu, 638 mengungsi. Isnawa belum merilis penyebab pasti dari kebakaran yang bersumber dari pipa bensin Pertamina ini.

Mengutip Kompas.com, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono langsung datang ke Koramil Koja. Ia menggelar rapat darurat dengan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Fadil Imran.

Fadil Imran menuturkan, penyebab masih ditelusuri. Sejauh ini, belum ada dugaan adanya kesalahan manusia atau human error di kejadian ini.

Baca Juga: Depo Pertamina Plumpang Terminal BBM Paling Vital di Indonesia, Sudah 2 Kali Meledak

"Belum sampai ke sana, kami bantu dulu," kata Fadil usai menggelar rapat darurat dengan Heru di Pos Koramil Koja, Jakarta Utara.

Korban masih diidentifikasil

Menurut Fadil, tim Puslabfor di RS Polri Kramat Jati masih bekerja untuk mengidentifikasi korban agar bisa dikembalikan ke keluarga masing-masing. Polisi memerlukan data antemortem dan postmortem dari korban.

 “Sebab kondisi korban kan ada yang utuh, ada yang luka bakar 100 persen,” kata Fadil.

Baca Juga: Depo Pertamina Plumpang Kebakaran Hebat, Mayat Makin Banyak

Rumah di sekitar Pertamina hangus terbakar

Rumah-rumah yang berada di sekitar lokasi kebakaran kini tinggal tersisa puing-puingnya. Tak hanya rumah warga, sejumlah kendaraan juga hangus terbakar. Sampai pukul 3 pagi, api telah padam dan petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pendinginan.

Hingga kini, tim SAR gabungan masih berada di lokasi kebakaran untuk mencari kemungkinan korban lain di antara puing-puing bangunan yang telah hangus terbakar. Sebanyak 52 unit mobil pemadam dengan 260 petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dikerahkan ke lokasi kebakaran. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga