Ini Tanggapan Kepala UPBU Terkait Terhentinya Penerbangan di Bandara Sugimanuru

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 13 Juni 2024
0 dilihat
Ini Tanggapan Kepala UPBU Terkait Terhentinya Penerbangan di Bandara Sugimanuru
Kepala UPBU Sugimanuru, Mohamad Khusnudin menanggapi mandeknya penerbangan di Bandara Sugimanuru. Foto: Ist.

" Penerbangan rute Muna Barat-Makassar sudah lama mandek, sehingga menimbulkan reaksi publik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Penerbangan rute Muna Barat-Makassar sudah lama mandek, sehingga menimbulkan reaksi publik. Banyak masyarakat yang sangat menyayangkan mandeknya penerbangan di Bandara Sugimanuru, pasalnya saat masih beroperasi, banyak warga lebih memilih jalur udara jika akan ke Makassar.

Tak hanya itu, sangat disayangkan oleh warga karena Muna Barat memiliki fasilitas yang terbilang elit, tetapi tak digunakan. Jika pengoperasian bandara dibuka kembali rute Muna Barat-Makassar, akan sangat menguntungkan daerah sebab menjadi tempat persinggahan dan tentunya dari segi perekonomian akan berkembang.

"Padahal di daratan pulau Muna ini, cuma di Muna Barat yang ada bandaranya. Kalau beroperasi kembali, tidak mungkin warga sekitar tidak sejahtera," ujar salah satu warga saat ditemui Telisik.id, Reskyana.

Menanggapi hal tersebut, kepala UPBU Sugimanuru, Mohamad Khusnudin mengatakan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi pihaknya saat ini yaitu tingginya harga tiket pesawat jenis ATR, salah satunya Wings Air menawarkan tiket dengan harga Rp 1,7 juta untuk sekali penerbangan.

Baca Juga: Rute Penerbangan Raha-Kendari Diharap jadi Kado HUT Perhubungan

Kemudian, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Citilink dan menemukan kecocokan harga, tetapi saat ini armada Citilink masih terbatas.

Selanjutnya pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak travya dengan menawarkan rute Kendari-Muna Barat dan Muna Barat-Kendari, namun masih menunggu tanggapan dari pihak pemerintah daerah.

Baca Juga: Penerbangan Wakatobi Tak Kunjung Aktif, Hugua: Mahkota Pariwisata Sulawesi Tenggara Jatuh

"Fasilitas kami siap, namun jadwal penerbangan saat ini belum masuk karena beberapa hal tersebut," ujarnya melalui WhatsApp, Kamis (13/6/2024).

Ia menambahkan, di Bandara Sugimanuru saat ini fasilitasnya telah siap, dibuktikan dengan tidak ada kendala saat pesawat presiden melakukan pendaratan Bandara Sugimanuru. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga