Rute Penerbangan Raha-Kendari Diharap jadi Kado HUT Perhubungan

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 09 September 2023
0 dilihat
Rute Penerbangan Raha-Kendari Diharap jadi Kado HUT Perhubungan
Kepala UPBU Sugimanuri, Muhamad Khusnuddin. Foto: Ist.

" Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru yang terletak di Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat akan membuka rute penerbangan baru, yakni Raha-Kendari (PP) "

MUNA, TELISIK.ID - Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru yang terletak di Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat akan membuka rute penerbangan baru, yakni Raha-Kendari (PP).

Untuk melayani rute penerbangan itu, pihak bandara bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Muna Barat telah berkomunikasi dengan pihak maskapai Lion Air dan Citilink.

"Kita tinggal menunggu respon kedua maskapai itu," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sugimanuru, M Khusnuddin, Sabtu (9/9/2023).

Pembukaan rute Raha-Kendari itu dalam rangka mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap penerbangan di bandara. Karenanya, ia menyampaikan apresiasi terhadap Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri yang telah membuka ruang untuk memberi subsidi terhadap rute penerbangan baru itu.

Baca Juga: Lima Warga Muna Kesetrum Listrik, Satu Tewas

"Kita harapkan rute penerbangan Raha-Kendari menjadi kado HUT Perhubungan pada 17 September mendatang," pintanya.

Saat ini lanjut Khusnuddin, bandara melayani rute penerbangan Raha-Makassar (PP). Karena, keterbatasan armada yang dimiliki Lion Air, jadwal penerbangan hanya seminggu sekali.

"Ke depan jadwalnya kita optimalkan kembali," timpalnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri menerangkan, permintaan rute baru didasari tingginya demand dengan asumsi bahwa tingkat keterisian penumpang pesawat akan tinggi.

Baca Juga: Diganti dari Camat Bone, Tahili Tetap Berkantor

 

Hal tersebut terlihat jelas pada arus mobilitas tinggi penumpang angkutan laut kapal cepat pagi, kapal cepat sore, kapal malam di Pelabuhan Nusantara Raha yang begitu padat. Belum lagi,  penyebrangan kapal fery, Tampo-Turobulu 3 kali sehari dan perahu-perahu tradisional yang mengantar pengguna jasa ke Kota Kendari.

Nah, sesuai arahan Kemendagri untuk menstabilkan harga tiket, pemda diminta memberikan subsidi kepada penyedia jasa transportasi angkutan, ikut serta dalam mempromosikan atau memasarkan rute-rute penerbangan yang ada di wilayahnya.

"Saya akan tindaklanjuti dengan menerbitkan surat edara agar forkopimda, birokrasi dan pihak swasta yang melaksanakan perjalanan dinas, bisnis, wisata dan usaha lainnya dengan mengutamakan penggunaan transportasi udara," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga