Jadi Sekolah Favorit, Intip Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Batauga Buton Selatan

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Jadi Sekolah Favorit, Intip Jalur Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Batauga Buton Selatan
Kepala SMAN 1 Batauga, La Dati saat memberi arahan kepada guru dan beberapa anggota OSIS. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Salah satu sekolah menengah atas (SMA) bergengsi di Buton Selatan, mengumumkan beberapa jalur penerimaan peserta didik baru untuk tahun ajaran 2023/2024 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Salah satu  sekolah menengah atas (SMA) bergengsi di Buton Selatan, mengumumkan beberapa jalur penerimaan peserta didik baru untuk tahun ajaran 2023/2024.

Tahun ini, SMAN 1 Batauga memperkenalkan sistem penerimaan dengan tiga jalur, guna memberikan kesempatan lebih banyak lagi calon siswa untuk bergabung dengan sekolah itu.

Melalui sistem penerimaan tiga jalur ini, SMAN 1 Batauga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi dari berbagai latar belakang dan potensi berbeda. Tiga jalur tersebut adalah:

Baca Juga: Tradisi Kande-Kandea Warnai Festival Pilumeano We'e Masyarakat Bola Buton Selatan

1. Jalur zonasi yang merupakan jalur yang memberikan kesempatan kepada calon siswa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah. Siswa yang tinggal di zona sekitar SMAN 1 Batauga, yakni kelurahan Busoa dan Masiri akan diberikan prioritas dalam penerimaan, dengan mempertemukan jarak rumah dengan sekolah.

2. Jalur prestasi yang ditujukan bagi siswa dengan prestasi akademik yang luar biasa. Calon siswa yang ingin mengikuti jalur ini harus menunjukan pencapaian akademik dan sertifikat yang menunjang prestasi mereka.

3. Jalur afirmasi, calon peserta didik baru yang bisa mengikuti jalur ini adalah mereka yang menerima program dari pemerintah pusat ataupun daerah. Umumnya, CPDB memiliki bukti seperti kartu Indonesia pintar (KIP) atau surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Kepala SMAN 1 Batauga, La Dati menerangkan, persiapan penerimaan calon peserta didik baru telah dipersiapkan secara matang.

"Persiapan kami mulai dari pembentukan panitia melalui rapat dewan guru, kemudian  dari anggota OSIS turut andil dalam proses penerimaan dan pendaftaran calon peserta didik baru tahun ini," ucap La Dati, Jumat (23/6/2023).

La Dati turut menerangkan, sekolah tersebut sudah terakreditasi A, yang mana hal itu dapat menjadi peluang dan kesempatan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kelak.

Dalam persiapan menyambut calon peserta didik baru, OSIS SMAN 1 Batauga juga menyiapkan serangkaian acara dan kegiatan bagi calon siswa baru.

Baca Juga: Masyarakat Gunung Sejuk se-Indonesia Kumpul di Kabupaten Buton Selatan

"Kita adakan semacam kegiatan  dan pertunjukan, jadi itu tidak hanya diikuti oleh kami (OSIS), tapi kami libatkan juga para peserta didik baru dalam PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah)," jelas Ketua OSIS, Putri.

Pengenalan lingkungan sekolah (PLS) merupakan bagian penting bagi calon peserta didik baru, diharapkan kegiatan tersebut tidak hanya menjadi formalitas semata, namun sebagai ajang silaturahmi awal antar siswa dan guru.

"Kita upayakan semaksimal mungkin nanti, karena kami dari anggota OSIS juga cukup banyak, jadi selain lingkungan sekolah kita akan kenalankan juga beberapa ekstrakukikuler yang kedepannya dapat dipilih untuk menunjang minat dan bakat mereka," ucap Wakil Ketua OSIS, Nadian. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga