Jalan Langara-Bobolio Digelontorkan Hingga Rp 10 Miliar

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 28 November 2019
0 dilihat
Jalan Langara-Bobolio Digelontorkan Hingga Rp 10 Miliar
Pembangunan Jalan di Konawe Kepulauan 2020, berstatus jalan nasional. Foto : Muhammad Israjab/Telisik

" Jadi jalan nasional itu yang tadinya jalan provinsi diambil jadi jalan nasional dengan panjang ruas 25,84 km. "

LANGARA, TELISIK.ID -  Tahun 2020 mendatang, Konkep bakal mendapatkan jatah untuk infrastruktur jalan yang dijadikan sebagai prioritas pembangunan nasional dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar sepanjang 25,84 Km.

Lihat Juga: Dampak Negatif Internet, 67 Kasus Selama 2019 di Baubau

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konkep, Unang Sulaeman, menjelaskan jalan nasional tersebut bakal ditempatkan di jalan Poros Langara – Bobolio yang sebelumnya berstatus sebagai jalan provinsi sepanjang 25,84 Km.

“Jadi jalan nasional itu yang tadinya jalan provinsi diambil jadi jalan nasional dengan panjang ruas 25,84 km,” jelasnya, Rabu (27/11/2019).

Unang menjelaskan, bahwa jalan tersebut akan berstatus jalan nasional, yang mana total panjangnya mencapai 35,85 km. Dari Pelabuhan Langara menuju perkantoran yang terbagi jadi dua jalur. Begitupula yang berada di Bobolio juga dua jalur.

Ditempatkannya Jalan Poros Langara menuju Bobolio sebagai jalan nasional, kata Unang, karena mengikuti kriteria dari Bappenas. Lanjutnya, kriteria Bappenas bahwa jalan nasional itu harus memenuhi target nasional.

“ Disitu ada tol laut, sehingga titiknya dari Pelabuhan Langara ke Pelabuhan Sawaea. Karena itu merupakan penghubung dalam provinsi, makanya disetujui,” terangnya.

Dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Sultra dengan Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah meninjau lokasi proyek jalan dan jembatan di beberapa titik. Seperti, Desa Wungkolo dan Pelabuhan Sawea.

Kepala BPJN Sultra, Yohanis Tulak Todingrara, menjelaskan fokus peninjauan adalah lokasi pembangunan jalan dan jembatan yang menggunakan APBN.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

Baca Juga