Jurnalis Telisik.id Ajarkan Cara Mudah Menulis Buku di Kampus UMK

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Sabtu, 26 Maret 2022
0 dilihat
Jurnalis Telisik.id Ajarkan Cara Mudah Menulis Buku di Kampus UMK
Jurnalis Telisik.id, Fitrah Nugraha saat menjadi pembicara pada Workshop Kepenulisan di Kampus UMK. Foto: Ist.

" Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi seorang penulis. Tinggal bagaimana dia mau meluangkan waktu, pikiran dan kesempatannya untuk duduk menulis "

KENDARI, TELISIK.ID - Jurnalis media online nomor 1 di Sulawesi Tenggara, Telisik.id, Fitrah Nugraha, menjadi pemateri Workshop Kepenulisan di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Sabtu (26/3/2022).

Kegiatan yang bertema "Berkarya Lewat Menulis Buku ini", digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan (HMPSTL) UMK bekerja sama dengan penerbit Jawada Pustaka.

Ketua Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UMK, Dwiprayogo Wibowo, S.Si., M.Si mengaku senang bisa mendukung kegiatan workshop kepenulisan ini.

Apalagi kata dia, kegiatan ini dapat menambah wawasan positif khususnya cara menulis buku terhadap para peserta.

"Mahasiswa jangan rendahan terus, kita harus isi hari-hari dengan kegiatan positif. Jadi ini menjadi proses pembelajaran, kita harus bisa menulis jangan hanya copy paste saja. Maka ungkapkan apa saja yang kita pikirkan, bisa dengan menulis pengalaman di kampus," kata Dwiprayogo saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Ketua HMPSTL UMK, Mukhlis Salim mengungkapkan, kegiatan positif seperti ini akan terus dilakukan untuk menambah wawasan mahasiswa.

Terlebih lagi, kata dia, kemampuan menulis ini mestinya bisa dipahami dan dimiliki mahasiswa sebagai bekal untuk berkarya.

Baca Juga: Pandai Mendongeng, Siswa SD Ini Bawa Nama Sultra di Kancah Nasional

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan penerbit Jawada Pustaka untuk melaksanakan workshop kepenulisan ini," ujarnya.

Sementara itu, Fitrah Nugraha menjelaskan, setiap orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi seorang penulis. Tinggal bagaimana dia mau meluangkan waktu, pikiran dan kesempatannya untuk duduk menulis.

"Jadi apa pun latar belakang kita, pasti bisa menulis buku. Bahkan kebanyakan para penulis dari profesi yang berbeda. Tinggal bagaimana dia mampu mengamandemen waktunya untuk bisa setiap hari menulis," ujarnya.

Olehnya itu, ia melanjutkan, kemampuan menulis buku wajib dimiliki setiap orang. Sebab menulis menjadi sarana belajar yang efektif sehingga kualitasnya bisa lebih meningkat.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Lulusan SMA Dapat Pekerjaan, Nomor 4 Paling Penting

Kata dia, menulis buku itu ada polanya dan itu tinggal dipelajari. Kalau pola tersebut sudah diketahui maka ia akan mudah membuat sebuah buku.

"Tanamkan dalam diri kita bahwa kita bisa menulis buku. Setidaknya selama kita hidup, kita bisa melahirkan satu karya buku," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain sebagai Jurnalis di media Telisik.id, Fitrah Nugraha juga mengisi aktivitasnya dengan menulis buku yang bergendre motivasi Islami.

Saat ini sudah ada beberapa buku karyanya yang telah diterbitkan, di antaranya adalah Seni Berbagi, Asyiknya Jadi Wartawan, Rahasia Mahasiswa Sukses dan beberapa judul lainnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga