Pandai Mendongeng, Siswa SD Ini Bawa Nama Sultra di Kancah Nasional

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 07 Maret 2022
0 dilihat
Pandai Mendongeng, Siswa SD Ini Bawa Nama Sultra di Kancah Nasional
Sosok Mutiara Adria Hannas, siswi kelahiran Kendari, 18 September 2010 yang berhasil menjadi juaranya tiga lomba mendongeng membawa nama Provinsi Sultra. Foto: Ist

" Mutiara Adria Hannas, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Kendari, berhasil menjadi juara tiga Lomba Mendongeng Tingkat Nasional Tahun 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID – Mutiara Adria Hannas, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Kendari, berhasil menjadi juara tiga Lomba Mendongeng Tingkat Nasional Tahun 2022, membawa nama, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mutiara adalah anak dari pasangan, Mulyani Indra Hannas (Ibu) dan H Eddy Hidayatullah (ayah) yang telah wafat di tahun 2021.

Siswi kelahiran Kendari, 18 September 2010 ini, tidak menyangka dapat menjadi salah satu yang terbaik, walau pun kata dia hanya juara tiga, dalam ajang lomba mendongeng yang diselenggaran oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) Afista Tanggerang secara virtual.

Sebab kata dia, mendapat juara pada tingkat nasional merupakan hal tersulit yang bisa diraih orang lain, karena harus bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

"Saya merasa bersyukur dan tidak menyangka akan dapat juara di tingkat nasional melawan provinsi lain untuk wakili Sultra dan juga bisa mengharumkan nama SDN 6 Kendari diajang nasional," katanya, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Berprestasi, Tiga Siswa SMAN 2 Kendari Harumkan Nama Sultra di LKTI Tingkat Nasional

Terlebih kata dia, saat mengikuti kompetisi itu, ia harus berusaha memanajemen waktu sebaik mungkin, karena saat ini ia juga tengah sibuk mempersiapkan ujian sekolah yang bakal ia hadapi dalam waktu dekat.

"Sayakan sudah kelas 6, jadi harus banyak belajar juga ada try out yang saat ini lagi dipersiapkan untuk ujian sekolah," ujarnya.

Tempat sama, Nenek Mutiara, Hj Burhan menyampaikan. jika cucunya tersebut sudah kerab kali mengikuti ajang serupa, baik di tingkat Kota Kendari maupun skala nasional.

Walau pun baru kelas 6 SD, cucunya tersebut selalu bersemangat untuk mengikuti berbagai kompetisi guna mengasah kemampuan soft skill atau pun hard skill.

"Misalnya yang baru saja itu, juara 1 lomba bercerita tingkat provinsi Tahun 2020 hingga membuatnya mewakili Sultra ke tingkat nasional," ungkapnya.

Tiara yang memilih tinggal bersama sang nenek ini, ia bukan hanya sering mengikuti kompetisi berdongeng, namun Tiara juga mahir dalam kemampuan lainnya seperti pidato, baca puisi, hingga menyanyi.

Baca Juga: US Tingkat SMA/SMK Digelar Akhir Maret, Secara Daring dan Luring

"Ia sudah beberapa kali mendapatkan juara 1 di dalam bidang lomba berbeda-beda seperti pidato, baca puisi, menyanyi, dan lainnya," tuturnya.

Kemudian sang Ibunda, Mulyani Indra Hannas mengatakan, ia sangat senang anaknya bisa membawa nama Sultra di kancah nasional.

Ia juga menyampaikan, Mutiara memilih tinggal bersama neneknya karena jarak sekolahnya yang dekat dengan rumah sang nenek.

"Hal itu ia pustuskan usai ayahnya meninggal tahun lalu, karena tak ada lagi sosok yang kerap kali menggandengnya ke sekolah dan bila pulang sekolah," ujarnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga