Kamar Napi Rutan Kelas II B Unaaha Disidak, Ini Hasilnya

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
Kamar Napi Rutan Kelas II B Unaaha Disidak, Ini Hasilnya
Nampak petugas Rutan Kelas II B Unaaha saat melakukan sidak di kamar hunian WBP. Itu dilakukan untuk mencegah masuknya barang terlarang seperti narkoba dan Handphone. Foto: Aris Syam/Telisik

" Guna menjaga keamanan dan ketertiban kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan juga memberantas peredaran narkoba, Rutan Kelas II B Unaaha menggelar inspeksi mendadak (Sidak) "

KONAWE, TELISIK.ID - Guna menjaga keamanan dan ketertiban kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan juga memberantas peredaran narkoba, Rutan Kelas II B Unaaha menggelar inspeksi mendadak (Sidak), Selasa (31/5/2022).

Dari pantuan Telisik.id, para petugas rutan mengecek dan mengeledah satu persatu kamar hunian WBP, untuk memastikan tidak adanya benda-benda yang menjadi sasaran pengamanan.

Para narapidana pun bersifat koperatif, mereka keluar dari kamar hunia dengan tertib saat petugas rutan melakukan penggeledahan.

Karutan Kelas II B Unaaha, Herianto mengatakan, tujuan sidak untuk memastikan tidak ada barang terlarang seperti arkoba dan Handphone, atau benda lainnya yang berada dalam kamar hunian WBP.

"Sasaran fokus kita narkoba dan HP," jelas Herianto saat ditemui Telisik usia melakukan sidak.

Terlebih lagi kata Herianto, WBP di Rutan Kelas II B tersebut banyak menampung narapidana kasus narkoba dari beberapa Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), antaranya Rutan Kolaka, Raha dan Lapas Baubau.

Baca Juga: Tak Ingin Kepsek Diganti, Komite SDN 1 Lawela Gelar Aksi Protes dan Penolakan

Sehingga itu, operasi sidak ini harus selalu rutin dilakukan agar kamar hunian betul-betul steril dari barang-barang yang menjadi sasaran utama.

"Hampir sekitar 50 persen tahanannya kasus narkoba," imbuhnya.

Baca Juga: Pemda Konawe Kembali Raih WTP Ketujuh Secara Berturut, KSK: Ini Hasil Kerja Kita Bersama

Herianto juga menjelaskan, dari hasil sidak tersebut, pihaknya tidak menemukan barang-barang yang menjadi sasaran utama yaitu narkoba dan HP, hanya mengamankan benda-benda yang juga dapat menggangu keamanan dan ketertiban kamar hunian.

"Untuk Narkoba dan HP hasilnya nihil, tapi kami mengamankan gunting, pisau kecil, dan botol kaca," pungkasnya. (C)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga