Kampung Tangguh Nusantara di Konawe, Siap Jaga Ketahanan Pangan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 10 Juli 2020
0 dilihat
Kampung Tangguh Nusantara di Konawe, Siap Jaga Ketahanan Pangan
Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya, saat mengunjungi kampung tangguh di Konawe. Foto: Ist.

" Kampung tangguh ini sudah lama ada di Konawe dan merupakan kampung momahe (Indah). "

KENDARI TELISIK.ID - Kampung tangguh di Kabupaten Konawe, Sultra siap nenjjaga ketahanan pangan dari krisis yang kapan saja bisa terjadi.

Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya, bersama rombongan bekesempatan untuk melaksanakan kunjungan ke Kampung Tangguh Nusantara di Desa Kasumeia, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe.

Desa Kasumeia merupakan perwakilan dari Kecamatan Onembute sebagai desa Kampung Tangguh Nusantara yang berdaulat pangan.

Pada kegiatan tersebut Wakapolda mengikuti giat Zoom Meeting Live bersama Panglima TNI dan Kapolri. Dalam Zoom Meeting, Kapolri dan Panglima TNI menjelaskan tentang pentingnya ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.

Baca juga: Kapolsek Dicopot, Kapolrestabes Medan Angkat Pejabat Sementara

Usai mengikuti Zoom Meeting, Wakapolda Sultra mengikuti giat pemanenan ikan serta penebaran bibit tanaman sayuran.

"Kampung tangguh ini sudah lama ada di Konawe dan merupakan kampung momahe (Indah), " kata perwira tiga bunga di pundak yang akrab disapa Indra ini, Jumat (10/7/2020).

Konsep kampung tangguh merupakan salah satu konsep untuk memberdayakan berdaulat pangan mandiri di tengah isu krisis pangan dan merosotnya alih fungsi lahan. Di mana untuk ke depannya untuk menjadi Desa yang berdaulat harus mendominasi salah satunya di sektor pangan.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga