adplus-dvertising

Kenali Tanda-Tanda dan Cara Melindungi Ponselmu dari Serangan Hacker

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 10 Mei 2022
480 dilihat
Kenali Tanda-Tanda dan Cara Melindungi Ponselmu dari Serangan Hacker
Mudahnya hacker untuk meretas ponsel ataupun software milik kita, dapat diatasi dengan beberapa cara berikut. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Aksi kejahatan yang setiap saat semakin meningkat membuat kita harus lebih waspada terhadap lingkungan sekitar kita "

KENDARI, TELISIK.ID - Aksi kejahatan yang setiap saat semakin meningkat membuat kita harus lebih waspada terhadap lingkungan sekitar kita. Tak terkecuali dengan aksi kejatahan melalui penyadapan dan peretasan pada ponsel kita.

Terkadang walau sudah mengamankan ponsel dengan cara apa pun, biasanya para hacker akan tetap mampu meretasnya.

Nah, ada pun tanda ponsel kita disadap oleh hacker yakni sebagai berikut:


1. Performa Smartphone Lamban

Mengutip dari cnbcindonesia.com, jika pengguna merasa ponsel miliknya sering macet atau aplikasi tertentu mogok hingga jadi lambat, ada kemungkinan karena disadap. Malware yang berada di ponsel biasanya membebani sumber daya ponsel secara berlebihan atau bentrok dengan aplikasi lain.

2. Penggunaan Data yang Tinggi

Tanda lain dari ponsel yang disusupi adalah tagihan data yang sangat tinggi di akhir bulan, yang dapat berasal dari malware atau aplikasi mata-mata (spy apps) yang terus berjalan, mengirimkan informasi kembali ke server miliknya.

Baca Juga: Kamu Pakai YouTube Go? Aplikasi Ini Bakal Dimatikan Agustus 2022

3. Ada Panggilan Keluar atau SMS yang Aneh

Jika pengguna melihat daftar panggilan keluar (outgoing call) atau SMS ke nomor yang tak dikenal, waspadalah, ini mungkin kerjaan hacker. Dalam kasus ini, periksa tagihan telepon untuk mengetahui biaya apa pun yang tidak dikenali.

4. Masalah Baterai

Meskipun masa pakai baterai ponsel pasti berkurang dari waktu ke waktu, smartphone yang telah disusupi oleh software perusak umur baterai menurun secara signifikan. Ini karena malware atau aplikasi mata-mata kemungkinan menggunakan sumber daya ponsel untuk memindai perangkat dan mengirimkan informasi kembali ke server kriminal.

Baca Juga: Ini Dampak Tidak Mengganti Oli Transmisi, Bahkan Bisa Terbakar

Adapun cara yang dapat kami gunakan untuk melindungi ponsel kamu dari serangan hacker yakni sebagai berikut:

1. Rajin Update

Dilansir dari detik.com, Pertama, pastikan smartphone update dengan pembaharuan sistem operasi terkini. "Pertama, pastikan ponsel kalian up to date dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel kalian terlindungi dari ancaman terkini," cetus Moore.

Jadi jangan malas, langsung saja update jika ponsel Android memberi pembaharuan software paling anyar. Biasanya update akan diberitahukan secara otomatis.

2. Download Password Manager

"Download Password Manager untuk menjaga semua password kalian dan kemudian nyalakan otentifikasi dua faktor di semua akun yang menawarkannya, yang seharusnya ada di kebanyakan aplikasi dan akan mengamankannya dari hacker bahkan meskipun password sudah didapat," papar Moore.

3. Buat Password yang Kuat

Membuat password yang kuat di aplikasi atau layanan apapun mutlak diperlukan. Jangan mau gampangnya saja dengan memilih password yang mudah diingat atau berhubungan erat dengan diri kita. Hacker bakal dengan mudah menebaknya.

4. Download Aplikasi Anti Virus

Dewasa ini, banyak vendor anti virus kenamaan membuat aplikasi mobile untuk mengamankan ponsel Android. Cukup pilih dari perusahaan yang sudah bereputasi tinggi untuk melindungi smartphone, misalnya Norton, Bitdefender atau Kaspersky. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Baca Juga