Ketua Dekranasda Konawe Bakal Bentuk Kampung Tenun Ameroro

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Ketua Dekranasda Konawe Bakal Bentuk Kampung Tenun Ameroro
Ketua TP-PKK Konawe yang juga Ketua Dekranasda Konawe, Trinop Tijasari Harmin menggagas pembentukan Kampung Tenun Ameroro. Foto: Ist.

" Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe, Trinop Tijasari Harmin menggagas pembentukan Kampung Tenun Ameroro, di Desa Ameroro Kecamatan Uepai "

KONAWE, TELISIK.ID - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe, Trinop Tijasari Harmin menggagas pembentukan Kampung Tenun Ameroro, di Desa Ameroro Kecamatan Uepai.

Hal tersebut diungkap Trinop Tijasari Harmin saat mengikuti rapat koordinasi dengan DPRD Kabupaten Konawe di lantai 2 aula gedung H Ardin, Senin (30/10/2023).

Wacana pembentukan kampung tenun tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, hasil tenun yang selama ini dipakai oleh masyarakat Konawe itu berasal dari usaha tenun Ameroro dan mirisnya masyarakat Konawe belinya di Kota Kendari.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Bantu Rp 200 Juta untuk Pembangunan Tribun Sepak Bola Desa Anggohu

"Kenapa Kampung Tenun Ameroro perlu dibentuk? Karena selama ini daerah kita yang produksi kain adat, tetapi masyarakat kita membelinya di Kendari. Kenapa bukan kita yang pasarkan, daerah lain yang membeli ke Konawe," kata Trinop Tijasari Harmin.

Menurut Trinop, dengan pembentukan Kampung Tenun Ameroro tersebut, generasi muda khususnya kaum perempuan bisa mendapatkan kesempatan kerja sampai mereka mampu untuk menjalankan usaha sendiri.

"Ini juga bisa menggerakkan perekonomian keluarga mereka," kata Trinop.

Mendengarkan pemaparan dari Ketua Dekranasda Konawe, DPRD pun memberikan apresiasi dan siap memberikan dukungan anggaran terkait rencana pembentukan Kampung Tenun Ameroro tersebut.

"Ini gagasan yang luar biasa dari Ibu Ketua Dekranasda dan perlu mendapatkan dukungan," ucap Ketua Komisi III DPRD Konawe, A Ginal Sambari.

Ketua DPRD Konawe, Ardin juga mengapresiasi program pembentukan Kampung Tenun Ameroro ini yang akan mengembangkan UMKM lokal.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Salurkan Air Bersih dan Beras di Kecamatan Lalonggasumeeto

"Jika UMKM berkembang maka perekonomian di Konawe juga akan berkembang," ungkapnya.

Diketahui, rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Konawe, Ardin dan dihadiri oleh Ketua Komisi III, Ginal Sambari, Ketua Komisi I, Gamus beserta sejumlah anggota. Turut hadir pula Kadis P3A Konawe, Kadis Perindagkop, serta Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Konawe.

Usai rapat, Ketua Dekranasda Trinop Tijasari Harmin bersama Ketua Komisi III DPRD dan anggota langsung turun lapangan melakukan peninjauan di lokasi kerajinan tenun Desa Ameroro Kecamatan Uepai. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga