Lewat Study Tour, Komunitas Kawan Inspirasi Perkenalkan Profesi Pemadam Kebakaran Pada Siswa SD

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Lewat Study Tour, Komunitas Kawan Inspirasi Perkenalkan Profesi Pemadam Kebakaran Pada Siswa SD
Penyampaian materi mengenai fungsi alat-alat pemadam dan proses penanggulangan kebakaran. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Komunitas Kawan Inspirasi menggelar Study Tour 3.0 kepada anak-anak SDN 62 Kendari di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan profesi dan proses penanggulangan kebakaran, Komunitas Kawan Inspirasi menggelar Study Tour 3.0 kepada anak-anak SDN 62 Kendari di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari, Rabu (14/6/2023).

Proses study tour dilakukan dengan penyampaian materi mengenai fungsi dan penggunaan alat-alat pemadam serta proses penanggulangan kebakaran, dimana peserta langsung mempraktekkan proses pemadaman api yang baik dan benar.

Materi disampaikan oleh Kasi Kerja Sama dan Publikasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kendari, Martoyo Awaluddin. Dia mengungkapkan, ketika proses pemadaman kebakaran, masyarakat tidak perlu memegang alat pemadam untuk membantu, karena akan mempersulit pihak Damkar.

"Saya klarifikasi tadi terkait masyarakat yang membantu, kita di Pemadam Kebakaran sudah ada tugas masing-masing dan punya SOP, jadi ketika masyarakat mau membantu, malah akan mempersulit. Untuk itu masyarakat percayakan pada kami untuk menyelesaikan," ungkap Martoyo Awaluddin.

Peserta study tour sangat senang dan antusias dengan kegiatan ini, apalagi karena langsung melaksanakan praktik memadamkan api. Pada saat praktik memadamkan api, para siswa tidak sabar bertukaran memegang selang pemadam yang dibantu pihak Damkar.

Baca Juga: Dukung Anak Berkebutuhan Khusus, SMPN 2 Kendari Jadi Percontohan Sekolah Inklusi

Kegiatan ini bertujuan sebagai pengenalan profesi sejak dini, sehingga anak-anak bangsa dapat melanjutkan cita-cita dengan berbagai profesi termasuk Pemadam kebakaran (Damkar).

Ketua panitia Zahwa Diah mengungkapkan bahwa kegiatan study tour ini bertujuan untuk mengenalkan profesi pemadam kebakaran dan lokasi tempat kerja pemadam kebakaran, penanggulangan dan penyebab kebakaran.

Zahwa menambahkan, kegiatan ini mendorong semangat anak didik terutama yang di pesisir, untuk tidak memfokuskan satu profesi dalam artian banyak profesi di luar sana yang dapat mengantarkan dalam menggapai cita-cita.

Baca Juga: Tak Bergantung Kiriman Orang Tua, Mahasiwi UHO Ini Berbisnis Sambil Kuliah

"Semoga adik-adik dari SDN 62 Kendari bisa meningkatkan motivasinya. Kita juga berharap pengetahuan mereka tentang profesi, karena mereka ini dari pesisir, sebagian mungkin hanya tahu profesi nelayan. Dengan kegiatan ini, mereka bisa mengenal banyak profesi di luar sana, salah satunya pemadam kebakaran," ungkap Zahwa.

Guru Pendamping SDN 62 Kendari, Lena mengungkapkan, kegiatan ini sangat diapresiasi terutama untuk pengembangan pengetahuan anak-anak.

"Harapannya kegiatan seperti ini terus ditingkatkan untuk membina pengetahuan anak-anak didik," ucap Lena. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga