Konawe Tetapkan Fokus Prioritas Pembangunan Tahun 2022

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Konawe Tetapkan Fokus Prioritas Pembangunan Tahun 2022
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat diwawancara oleh awak media. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Keenam fokus prioritas pembangunan ke depan, tentunya diperlukan dukungan dan bantuan dari OPD dan masyarakat Kabupaten Konawe pada umumnya. "

KONAWE, TELISIK.ID - Ada beberapa fokus prioritas unggulan pembangunan Kabupaten Konawe pada tahun 2022 mendatang.

Terdapat program-program strategis pemerintah yang mengemuka di Kabupaten Konawe di antaranya pada pengelolaan sumber daya lokal yang masih perlu dioptimalkan.

Di antaranya secara umum dijelaskan yakni, persoalan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah, pelayanan dasar bagi masyarakat, penyediaan sumber daya manusia yang terampil, serta pemerataan pertumbuhan ekonomi.

 

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Gusli Topan Sabara, Sekda Konawe Ferdinan Sapan, di Kantor Bupati Konawe. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

 

Berpedoman pada kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menetapkan tema pembangunan dalam rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022, yakni penguatan basis perekonomian daerah dan pelayanan dasar menuju transformasi ekonomi yang inklusif.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, saat membuka kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Konawe tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD Konawe tahun 2022 beberapa waktu lalu.

Bupati Konawe dua periode itu menjelaskan, berdasarkan dari tema tersebut, ada enam prioritas pembangunan yang bakal dilakukan di tahun 2022.

Baca juga: Bupati Konawe: Puasa Ramadan Momentum Tingkatkan Iman dan Takwa

Pertama, pemerataan layanan dasar dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kedua, mendorong peningkatan produksi pertanian dalam arti luas melalui stimulan saprodi, mekanisasi usaha pertanian dan intensifikasi penyuluhan bagi para petani, peternak dan nelayan.

Ketiga, mendorong terbukanya kawasan industri baru untuk meningkatkan investasi dan terbukanya lapangan pekerjaan.

Keempat, meningkatkan kapasitas infrastruktur dalam rangka memperkuat kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Kelima, peningkatan kapasitas kelembagaan organisasi perangkat daerah (OPD) dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dan yang terakhir, meningkatkan sarana dan prasarana pengelolaan lingkungan dan mendorong peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

"Keenam fokus prioritas pembangunan ke depan, tentunya diperlukan dukungan dan bantuan dari OPD dan masyarakat Kabupaten Konawe pada umumnya," ujar Kery Saiful Konggoasa.

Baca juga: Kehilangan Pekerjaan Karena Usia, Kini Hanya Berharap Pemberian Orang

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menambahkan, kegiatan musrenbang tingkat kabupaten memiliki posisi strategis dalam membangun konsensus bersama untuk menghasilkan program pembangunan yang merata.

Dimana, kata Kery, secara substansial, tujuan pembangunan dalam setiap jenjang pemerintah adalah mensejahterakan masyarakat Kabupaten Konawe.

Bupati yang dikenal dengan sifat yang sederhana itu menyebut salah satu penopang hajat hidup orang banyak dan juga mengurangi pengangguran di daerah yang dipimpinnya itu, ia mengatakan, akan terus mendorong kawasan industri yang ada di Morosi dan Routa.

"Di Konawe sendiri kita ada kawasan industri di Morosi dan Routa sebagai penyangga proyek strategis nasional (PSN), kita terus dorong dan dukung itu, untuk hajat hidup orang banyak juga," tambahnya.

Lanjut Kery, semakin banyak lapangan kerja terbuka bagi semua masyarakat Sultra, khususnya di Konawe itu sendiri.

Tak lupa ia juga memastikan pada sektor kesediaan pangan di Konawe masih sangat cukup, bahkan dapat dikatakan bisa mencukupi kebutuhan Sulawesi Tenggara.

"Saya juga pastikan, Konawe memiliki peran dalam memenuhi pangan Sultra maupun nasional," imbuhnya. (B-Adv)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga