Ledakan di Jeddah Arab Saudi, 4 Orang Luka-Luka

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 12 November 2020
0 dilihat
Ledakan di Jeddah Arab Saudi, 4 Orang Luka-Luka
Gubernur Jeddah, Arab Saudi, mengunjungi pegawai Konsulat Yunani yang menjadi korban terluka akibat ledakan di pemakaman Jeddah. Foto: Repro republika.co.id

" Memang ada bom di lokasi itu dan yang hadir adalah para diplomat Eropa yang peringati PD I. Korban sementara ada empat orang termasuk seorang warga Yunani dan seorang petugas keamanan Saudi. "

JEDDAH, TELISIK.ID - Terjadi ledakan di pemakaman non Muslim selama upacara peringatan Perang Dunia I internasional, Rabu (11/10/2020).

Ledakan itu terjadi di kawasan Al Balad, Jeddah, Arab Saudi di saat banyak konsulat asing berkumpul dalam perayaan tersebut.

Melansir Al Jazeera, para pejabat mengatakan, setidaknya empat orang terluka ketika sebuah alat peledak menghantam upacara internasional untuk memperingati akhir Perang Dunia I di sebuah pemakaman di kota Jeddah, Arab Saudi.

Beberapa negara memiliki perwakilan pada acara Rabu yang diadakan di pemakaman non-Muslim yang meninggal dan dihadiri oleh para diplomat asing.

Beberapa jam setelah insiden itu, otoritas setempat mengatakan seorang warga negara Yunani dan seorang petugas keamanan Saudi terluka dalam serangan tersebut.

Pemerintah Inggris mengatakan, seorang warga Inggris juga menderita luka ringan.

Pernyataan Saudi yang disiarkan oleh kantor berita negara SPA mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan dan mengkonfirmasi bahwa beberapa konsulat yang hadir.

Seorang pejabat dari Yunani, yang menolak disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan ada empat orang luka ringan, di antaranya satu orang Yunani, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca juga: Profil Joe Biden Presiden Terpilih AS ke-46

Televisi Arab, menyiarkan dari luar pemakaman dan mengakui bahwa telah terjadi serangan yang melibatkan alat peledak, tetapi menekankan bahwa situasi keamanan sekarang stabil.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung dan tidak ada kata tentang motifnya.

Kedutaan besar di Inggris juga telah memberitakan kabar ini melalui akun Twitternya.

Sementara Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, memaparkan bom itu terjadi di pemakaman tersebut ketika upacara peringatan Perang Dunia I tengah berlangsung.

"Memang ada bom di lokasi itu dan yang hadir adalah para diplomat Eropa yang peringati PD I. Korban sementara ada empat orang termasuk seorang warga Yunani dan seorang petugas keamanan Saudi," kata Eko dilansir CNNIndonesia.com.

Eko memastikan lokasi ledakan bom jauh dari KJRI maupun komunitas WNI yang berada di Jeddah. Sejauh ini Eko memaparkan tidak ada WNI yang terdampak atau menjadi korban dalam insiden tersebut.

"Itu jauh dari komunitas WNI dan sejauh ini belum ada WNI yang menjadi korban," ujar Eko. Ledakan bom hari ini tercatat sebagai insiden teror kedua yang terjadi di Jeddah.(C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga