Mahasiswa Magang Stikes Pelita Ibu Dapat Hasil Mujur Magang di Rumah Sakit Unhas

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 31 Mei 2024
0 dilihat
Mahasiswa Magang Stikes Pelita Ibu Dapat Hasil Mujur Magang di Rumah Sakit Unhas
Seminar Akhir dan Penarikan Mahasiswa Magang Program Studi Administrasi Rumah Sakit STIKES Pelita Ibu, telah sukses dilaksanakan di Rumah Sakit UNHAS. Foto: Ist.

" Seminar akhir dan penarikan mahasiswa magang Program Studi Administrasi Rumah Sakit Stikes Pelita Ibu telah sukses dilaksanakan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (Unhas) "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Seminar akhir dan penarikan mahasiswa magang Program Studi Administrasi Rumah Sakit Stikes Pelita Ibu telah sukses dilaksanakan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (Unhas).

Acara ini menandai berakhirnya program magang yang berlangsung selama empat Minggu, dari 29 April hingga 30 Mei 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STIKES Pelita Ibu, Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim, beserta jajaran dosen, staf rumah sakit, dan mahasiswa magang.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Telisik.id, acara dimulai dengan sambutan dari Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim. Beliau mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap para mahasiswa yang telah menyelesaikan program magang dengan baik

"Saya sangat bangga dengan dedikasi dan kerja keras kalian selama menjalani magang ini. Pengalaman berharga yang kalian dapatkan di Rumah Sakit Unhas akan menjadi bekal penting dalam karier kalian di bidang administrasi rumah sakit," ujarnya.

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Qurban di UPTD RPH Kendari Terbuka Umum, Asal Memenuhi Syarat ini

Selama program magang, mahasiswa diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam berbagai aspek manajemen rumah sakit, termasuk manajemen pasien, administrasi keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, dan sistem informasi rumah sakit.

Mahasiswa magang dibimbing oleh para profesional berpengalaman di Rumah Sakit Unhas, yang memberikan pengetahuan praktis dan wawasan mendalam tentang operasional rumah sakit.

Dalam seminar akhir, mahasiswa mempresentasikan hasil temuan dan pengalaman mereka selama magang. Beberapa topik yang dipresentasikan meliputi Bidang Pelatihan Rumah Sakit oleh Uswatun Hasanah, Bidang Sumber Daya Manusia Rumah Sakit oleh Risna Ningsih Sardin, Pusat Penjaminan Pasien oleh Wiwi Astriani, dan Unit Pelayanan Pengaduan dan Layanan Pelanggan Rumah Sakit oleh Rappe.

Presentasi ini diikuti dengan sesi diskusi yang interaktif, di mana para mahasiswa mendapat kesempatan untuk menerima masukan dan saran dari para dosen dan staf rumah sakit.

Diskusi ini tidak hanya memperkaya pemahaman mahasiswa, tetapi juga membuka peluang kolaborasi lebih lanjut antara Stikes Pelita Ibu dan Rumah Sakit Unhas. Muhammad Al Rajab, selaku dosen pembimbing, menekankan pentingnya pengalaman praktis dalam dunia pendidikan administrasi rumah sakit.

"Magang ini adalah langkah awal bagi kalian untuk memahami dinamika dan tantangan yang ada di rumah sakit. Teruslah belajar dan berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia," pesan Rajab.

Kepala Seksi Evaluasi dan Retensi SDM Rumah Sakit Unhas, Nur Alam, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Stikes Pelita Ibu atas kepercayaan yang diberikan untuk melaksanakan program magang di institusi mereka.

"Kami sangat berterima kasih kepada Stikes Pelita Ibu yang telah mempercayakan mahasiswanya untuk melaksanakan program magang di Rumah Sakit Unhas. Mahasiswa yang mengikuti program ini menunjukkan semangat yang luar biasa dan partisipasi yang interaktif dalam berbagai kegiatan," ujarnya.

Baca Juga: Lewat jadi Driver Ojol, Mahasiswa UHO Kendari Ini Biayai Keluarga dan Kuliah Sendiri

Ia juga menambahkan bahwa kontribusi aktif para mahasiswa magang telah memberikan dampak positif bagi operasional rumah sakit, serta memperkuat kolaborasi antara lembaga pendidikan dan layanan kesehatan.

Prosesi penarikan mahasiswa dilakukan dengan khidmat oleh Dra. Hj. Rosmawati Ibrahim. Ia menyampaikan harapannya agar para mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama magang dalam karier profesional mereka nanti.

"Saya berharap kalian semua dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam sistem pelayanan kesehatan di mana pun kalian bekerja," tutupnya.

Acara ini ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian sertifikat magang kepada para mahasiswa. Momen ini menjadi simbol dari pencapaian penting dalam perjalanan akademik mereka dan awal dari kontribusi nyata di dunia kesehatan. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga