Maritime LGN-Kemendagri Perkuat Pembangunan Sumber Daya Perikanan dan Pesisir

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 Juli 2020
0 dilihat
Maritime LGN-Kemendagri Perkuat Pembangunan Sumber Daya Perikanan dan Pesisir
Ketua Maritime LGN, Ir. Hugua (kanan) usai menandatangani LOI dengan Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri, Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si (kiri). Foto: Ist.

" Dengan ditandatanganinya LOI ini maka peran LGN sebagai fasilitor antara pemerintah pusat dan pemda dalam mengimplentasikan program tersebut akan semakin nyata di lapangan. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pusat Fasilitasi Kerja Sama, menggandeng Maritime Local Government Netwok (LGN) membangun sumber daya perikanan yang berkelanjutan.

Hal tersebut direalisasikan dengan melakukan penandatangan Letter of Intent (LOI) atau Pernyataan Kehendak, Rabu (23/7/2020).

LOI tersebut merupakan upaya penguatan kapasitas dan kinerja pemerintahan daerah di wilayah Segitiga Karang, dalam meningkatkan tata kelola sumber daya kelautan dan pesisir yang berkelanjutan.

LOI ini juga cara untuk melakukan kerja sama pengembangan kapasitas pemerinrah daerah di wilayah segitiga karang dalam pencapaian pembangunan yang berkelanjutan di bidang-bidang tertentu. Di antaranya adalah, pertama, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan penguatan kerjasama di antara pemerintah daerah di wilayah segitiga karang.

Kedua, promosi, pertukaran pengetahuan, serta dokumentasi pengalaman dari praktek-praktek baik mengenai pengelolaan dan perlindungan kelautan dan pesisir.

Ketua Maritime LGN, Ir. Hugua mengucapkan terima kasihnya Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama beserta jajarannya dan Dirjen Banda, sehingga penandatanganan LOI bisa dilaksanakan pada hari ini.

Baca juga:

Adapun pembentukan LGN adalah untuk membumikan tujuan global dan nasional di akar rumput/lokal. Dalam hal ini, kata dia, pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan kehidupan di bawah laut (SDG 14) dan kerja sama antar lembaga SDG 17, yang menjadi fokus prioritas dari kerjasama dengan Kemendagri ini.  

"Dengan ditandatanganinya LOI ini maka peran LGN sebagai fasilitor antara pemerintah pusat dan pemda dalam mengimplentasikan program tersebut akan semakin nyata di lapangan," kata Hugua saat memberikan sambutannya pada acara penandatanganan LOI.

Sementara itu, Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Kemendagri, Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si menyatakan bahwa, pihaknya mendukung proses kerja sama ini.

Sehingga ia berharap agar kerja sama ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pelaksanaan pembangunan di Indonesia, khususnya pembangunan sumber daya perikanan berkelanjutan, guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, serta mendukung tujuan prakarsa segitiga karang untuk terumbu karang, perikanan, dan ketahanan pangan.

Pertemuan ini diharapkan selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan Memorandum Saling Pengertian (MSP) kerja sama antara Kemendagri  dengan Maritime LGN, dengan program-program kerja sama yang lebih detail dibahas dan dipersiapkan dengan Ditjen Bina Pembangunan Daerah selaku mitra utama kerja sama tersebut, sesuai dengan surat Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Nomor 193/1515/Bangda tanggal 26 Maret 2020, hal kesediaan menjadi mitra kerjasama Maritime LGN.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga